Perbedaan Kucing Jantan dan Betina

Perbedaan Kucing Jantan dan Betina – Perbedaan kucing jantan dan kucing betina sudah pasti ada pada alat kelaminnya, jika hanya melihat dari bentuk tubuhnya saja itu akan lebih sulit.

Namun pada kucing yang masih kecil alat kelaminya belum bisa terlihat dengan jelas. Dan selain melihat perbedaan dari alat kelamin, kamu juga bisa melihat dari perilaku dan warna bulunya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

Perbedaan Kucing Jantan dan Betina Saat Masih Kecil

Perbedaan kucing jantan dan betina saat masih kecil
Sumber: blogspot.com

Perbedaan kucing jantan dan betina yang baru lahir masih belum bisa terlihat, akan mulai bisa dilihat perbedaannya ketika sudah memasuki usia lima minggu atau lebih.

Saat si kucing sudah memasuki usia itu, maka kita bisa melihat perbedaan kucing jantan dan kucing betina dari kelamin, perilaku, dan warna bulunya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Perbedaan Alat Kelamin

Bayi kucing yang baru lahir akan sangat sulit untuk mengetahui jenis kelaminya, ya karena memang masing sangat kecil. Paling tidak tunggu bayi kucing sampai umur 6-8 minggu, barulah bisa terlihat alat kelaminnya.

Namun, masih banyak yang bingung membedakan jenis kelamin saat kucing masih kecil, karena pada anak kucing jantan memang belum terlihat jelas organ penis dan skrotum, sehingga kebanyakan mengira sebagai kucing betina.

Lalu bagaimana cara membedakan jenis kelamin kucing jantan dan betina yang masih kecil? يوريو ٢٠٢١ Nah Simak ulasanya sebagai berikut. مسيرة كريستيانو رونالدو

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengetahui perbedaan kelamin pada anak kucing yaitu dengan mengibaratkan kelamin seperti tanda baca.

Untuk melihat, cobalah mengelus bagian punggung belakang hingga ekornya naik atau bisa juga dengan langsung mengangkat ekor secara perlahan. Cara membedakannya yaitu:

  • Kucing jantan: Bukaan organ kelamin dan lubang dubur pada anak kucing jantan terlihat seperti titik dua (:). Lubang bukaan saluran kemih dan lubang dubur dibatasi tesis dengan jarak yang cukup lebar, yaitu 1,3 cm pada  kucing bayi dan 2,5 cm pada anak kucing.
  • Kucing Betina: Alat kelamin (vulva) dan lubang dubur tampak lebih berdekatan sehingga terlihat bentuk tanda seru terbalik (i). Alat kelamin (vulva) berada di bawah lubang dubur, keduanya terpisah dengan jarak 1,3 cm.

Warna Bulu

Kucing yang mempunyai bulu dengan tiga warna kebanyakan jenis kelaminya adalah betina, hal ini dikarenakan susunan kromosom yang bertanggung jawab penuh atas warna tersebut. Sedangkan kucing dengan bulu berwarna orange biasanya berjenis kelamin jantan.

Namun perbedaan ini tidak bisa menjadi acuan yang pasti, karena hanya ada 3/4 persen kucing jantan dengan warna bulu orange.

Perilaku

Perilaku yang memperlihatkan perbedaan antara kucing jantan dan kucing betina ini akan muncul seiring dengan pertumbuhan anak kucing. Anak kucing berjenis kelmin jantan akan lebih agresif, lincah, dan lebih suka berkeliaran.

Sedangkan anak kucing betina lebih senang mengeluarkan suara untuk mencari perhatian. Dan perilaku ini berlanjut smapan mereka menjadi kucing dewasa.

Perbedaan Kucing Jantan dan Betina Dewasa

Perbedaan kucing jantan dan betina saat dewasa
Sumber: fanicat.com

Ketika kucing sudah dewasa akan lebih mudah untuk melihat perbedaan antara kucing jantan dan kucing betina dibanding ketika kucing masih kecil. Karena seiring dengan pertumbuhan kucing yang semakin dewasa, maka alat kelamin nya mulai terbentuk dengan sempurna. Berikut ini perbedaan yang bisa dilihat dari kucing dewasa.

Perbedaan Alat Kelamin

Sedangkan untuk membedakan jenis kelamin pada kucing yang sudah dewasa ini jauh lebih mudah daripada pada kucing yang masih anak-anak. Perbedaannya dapat dilihat dari perilaku dan penampilannya, berikut ini perbedaan yang dapat dilihat dari penampilannya:

  • Kucing jantan: Alat kelamin (testis) pada kucing jantan akan terlihat jelas dan mempunyai daging di bawah dagu (jowl) yang lebih lebar.
  • Kucing Betina: Pada kucing betina sudah pasti tidak mempunyai testis, kucing betina hanya memiliki saluran urin dan anus. Dan pada bagian bawah perutnya terdapat jendolan yang merupakan payudara. Ciri tersebut akan terlihat ketika si kucing betina sedang hamil ataupun setelah melahirkan.

Perilaku

Berikutnya untuk membedakan jenis kelamin pada kucing dewasa, bisa dilihat dari perbedaan tingkah laku antara jantan dan betina. Dari perbedaan perilaku ini biasanya berkaitan dengan dorongan seksual pada kedua jenis kelaminn kucing ini.

Kucing Jantan 

kucing jantan bertingkah aktif, bahkan sangat liar. Kucing jantan akan lebih sering berkeliaran di luar rumah sekedar untuk mencari pasangan ataupun berkelahi dengan kucing jantan lain yang dianggap saingannya.

Pada kucing jantan juga mempunyai kebiasaan spraying alias menyemprotkan sedikit air urine di sembarang tempat dengan tujuan menandai wilayahnya.

Kucing Betina

Dalam mengekspresikan hormon Kucing betina cenderung mempunyai cara yang berbeda. Kucing betina akan lebih sering mencari perhatian untuk sekedar disentuh ataupun dielus oleh manusia.

Dan akan menjadi lebih penyayang serta lebih banyak bersuara atau mengeong dengan tujuan mencari perhatian kucing jantan.

Warna

Dari warna bulu kucing juga bisa menemukan perbedaan dan hal ini sudah disepakati oleh para peneliti. Biasanya kucing yang mempunyai bulu dengan tiga warna, kebanyakan berjenis kelamin betina. كوره علي النت

Hal ini dipengaruhi oleh jumlah kromosom pada kucing betina sehingga menghasilkan pembentukan tiga warna pada bulunya.

Sedangkan, kucing berwarna ginger atau orange berjenis keamin jantan, meskipun populasi kucing jantan yang mempunyai warna sama hanya ada 3/4 saja.

Ukuran Tubuh

Dari ukuran tubuh dapat dilihat perbedaan antara kucing jantan dan kucing betina. Tubuh kucing jantan cenderung lebih besar dibanding tubuh kucing betina, ukuran kepalanya pun juga demikian, ukuran kepala kucing jantan lebih besar dari ukuran kepala kucing betina.

Perbedaan Kucing Jantan dan Betina Saat Birahi

Perbedaan kucing jatan dan betina
Sumber: okdogi.com

Birahi bisa dialami baik pada kucing  jantan ataupun pada kucing betina, hal ini menjadi tanda bahwa sistem organ reproduksi, pada kedua jenis kelamin kucing yang telah siap melakukan perkawinan, hamil, beserta menikah. Dan siklus ini adalah hal yang normal bagi mereka yang belum dikebiri ataupun di steril. viagra sans prescription

Pada umumnya siklus akan birahi akan berlangsung selama 4-5 hari, dan terjadi sekali dalam 2-3 bulan. Usia kucing betina ketika pertama kali mengalami kasus ini yaitu 6-10 bulan, sedangkan kucing jantan di usia 10-12 bulan.

Kita bisa melihat perbedaan kucing jantan dan kucing betina saat sedang difase birahi, seperti yang akan dibahas dibawah ini.

Kucing Jantan

Kucing jantan yang sedang di fase birahi, biasanya akan sering keluar rumah dan tidak pulang kerumah dalam waktu 1 sampai 2 hari. Karena si jantan sedang mencari betina idamannya.

Kucing jantan juga akan melakukan spraying atau menyemprotkan sedikit air urine secara sembarangan dengan tujuan menandai wilayahnya.

Kucing Betina

Kucing betina akan mencari perhatian dengan berguling guling di lantai, lebih sering mengeluarkan suara, mencari-cari perhatian pemilik, hingga merasa gelisah dan mencoba untuk kabur dari rumah.


Itulah perbedaan yang bisa kamu lihat pada kucing jantan dan kucing betina saat masih kecil, saat dewasa, dan saat birahi. Semoga dengan artikel ini bisa membantu kamu untuk membedakan jenis kelamin pada kucing.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.