Makanan Burung Walet

Makanan Burung Walet – Burung walet memiliki manfaat yang besar untuk kehidupan manusia, walet menghasilkan sarang dari air liur yang baik untuk kesehatan. Serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga menghasilkan peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Membudidayakan burung walet memang merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Perawatan nya mudah, walet juga merupakan burung yang mandiri dalam hal mencari makan. Tapi tetap perlu kamu tahu, ternyata makanan burung walet juga sangat berpengaruh dengan kesehatan tumbuh kembang dari burung walet.

Oleh karena itu, kamu harus memberikan makanan yang tepat agar walet yang kamu pelihara bisa tumbuh dengan sehat. Untuk mempermudah kamu, saya sudah siapkan makanan apa saja yang baik untuk walet beserta tipsnya. تجميع نقاط glc Yuk simak ulasanya berikut ini.

Makanan Burung Walet Anakan

makanan burung walet

Pakan yang baik diperlukan untuk kelangsungan hidup, pertumbuhan, membentuk sel-sel baru, dan reproduksi pada burung walet. Untuk itu, pada tahap pertumbuhan anak burung walet membutuhkan kandungan nutrisi tinggi berupa protein, mineral, karbohidrat, lemak dan nutrisi lainnya.

Dalam pemberian makanan untuk anakan walet kamu bisa membiarkan induk walet yang memberinya sendiri. Namun jika seperti itu kamu tidak bisa mengontrol secara langsung asupan yang masuk, serta resiko induk memberikan makanan yang salah.

Walaupun beresiko, membiarkan induknya yang memberikan makanan secara rutin juga baik untuk anakan walet. Ini karena turunya resiko stres pada walet, dan variasi makanan yang lebih beragam.

Tapi kamu juga masih bisa memberi makanan tambahan untuk burung walet yang kamu pelihara. Makanan tambahan ini bisa kamu jadikan asupan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada anakan walet pada masa pertumbuhan.

Nah untuk itu saya sudah siapkan beberapa makanan yang sudah terbukti baik untuk tumbuh kembang anakan walet. Kamu wajib untuk mengetahuinya, karena itu yuk simak kutipan berikut ini.

1. Jangkrik

Makanan Burung Walet

Jangkrik memang menjadi salah satu serangga yang paling banyak dimanfaatkan untuk dijadikan pakan ternak atau peliharaan. hewan bisa dimanfaatkan untuk dijadikan makanan berbagai hewan seperti ikan dan burung.

Begitu pula dengan anakan ikan walet, tentunya jangkrik juga menjadi salah satu makanan terbaik burung walet yang masih dalam masa pertumbuhan. Induknya pun sering dijumpai membawa jangkrik untuk diberikan makan pada anaknya.

Tidak heran jika jangkrik menjadi rekomendasi pakan yang baik untuk walet. Ini karena kandungan protein nya yang tinggi serta kandungan nutrisi yang lengkap di dalamnya, Pastinya sangat baik untuk makanan burung walet. Berikan jangkrik pada pagi setelah matahari terbit dan sore saat saat matahari akan tenggelam.

2. Kroto

Sama halnya dengan jangkrik, kroto juga menjadi salah satu serangga yang paling sering digunakan sebagai makanan hewan peliharaan seperti burung dan ikan. Kroto juga mengandung protein yang tinggi tapi tidak sebaik jangkrik.

Untuk menggunakan kroto, kamu bisa memberinya langsung pada anakan burung walet pada sarangnya. Atau kamu juga bisa merebusnya dulu agar teksturnya menjadi lebih empuk dan mudah untuk kamu suapkan ke dalam mulut anakan walet.

3. Ulat Hongkong

Ulat hongkong mengandung protein dan vitamin yang tinggi pada tubuhnya, ulat ini juga memiliki ukuran yang kecil sehingga cocok untuk ukuran mulut anakan walet. Harganya juga murah, kamu bisa mendapatkanya pada pada toko perlengkapan ternak terdekat. كيف تربح المال من الانترنت

Ulat hongkong mengandung nutrisi yang baik untuk membantu mempercepat pertumbuhan dari burung walet. selain itu, ulat ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh pada anakan walet agar tidak mudah terkena serangan penyakit.

4. Makanan Campuran Burung Walet

Selain makanan diatas kamu juga bisa membuat racikan makanan sendiri untuk walet anakan yang sedang kamu pelihara. Kamu bisa menggunakan bahan yang terdiri dari campuran kroto, jangkrik yang halus, dan juga pakan ternak lain seperti dedak atau makanan ayam broiler.

Untuk takaran bahan yang bisa kamu gunakan adalah Jangkrik sebanyak 33%, kroto 34%, dan pakan ternak 33%. indications du viagra Meskipun berupa campuran dari beberapa jenis makanan, kandungan nutrisi yang ada pada ikan ini bisa menjadi lebih tinggi dari pada menggunakan pakan tunggal saja.

Tentu saja ini menjadikan jenis pakan campuran menjadi pilihan terbaik untuk makanan burung walet. Untuk memberikannya juga cukup mudah kamu bisa mencampur semua bahan dan cukup diberi campuran susu agar teksturnya lengket. لعبة الدومينو المصريه

Makanan Burung Walet Dewasa

Saat burung walet sudah beranjak dewasa, mereka sudah bisa mencari makannya sendiri tanpa bantuan induknya lagi. Untuk jenis makanan nya tetap sama, burung walet tetap menjadi burung insektivora atau pemakan serangga.

Berikut ini adalah serangga yang menjadi makanan favorit walet:

  • Wereng
  • Kumbang
  • Belalang
  • Laron
  • Semut bersayap
  • Jangkrik
  • Kroto
  • Hama putih padi
  • Penghisap batang padi

Dan banyak lagi macam serangga yang bisa dimakan oleh burung walet yang sudah dewasa. Tapi apa tidak boleh memberi makan sendiri walet yang sudah dewasa? Tentu saja boleh, kamu bisa tetap memberikan makanan untuk burung walet yang kamu pelihara.

Atau lebih tepat jika disebut sebagai penyedia pakan untuk burung walet, kamu bisa menyediakan makanan berupa serangga atau pun ulat dengan cara menciptakan habitat baru untuk serangga di sekitar rumah walet milikmu.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendekatkan makanan burung walet. Misal kamu bisa mendapatkan ulat di dalam rumah walet mu dengan cara menaburkan beberapa bahan seperti singkong, kacang-kacangan, lalu beberapa jenis makanan lain di lantai rumah walet.

Kamu hanya perlu menunggu sampai makanan tadi membusuk dan ulat akan datang sendiri nya. Atau kamu juga bisa memberikan buahan buahan pada lantai rumah walet dan tunggu sampai ulat dan beberapa serangga kecil berdatangan dan makanan pun sudah terkumpul sendiri.

Penutup

Dalam merawat burung walet, kamu hanya perlu memperhatikan pola makannya saat masih anakan saja. Kamu harus memberikan asupan bernutrisi tinggi agar anakan walet mu tumbuh dengan baik.

Untuk yang sudah dewasa mungkin kamu sudah jarang memberi makan sendiri burung walet, karena walet dewasa pastinya akan menghindari kontak langsung dengan manusia. Tetapi meski seperti itu, kamu tetap bisa membantu menjaga kesehatan kandang serta menyediakan sumber makanan yang dekat untuk burung waletmu.

Sekian yang bisa saya sampaikan kali ini, jika kamu ada koreksi pada ulasan diatas kamu bisa menyampaikannya pada kolom komentar. Jika ada salah kata saya memohon maaf sebesar-besarnya, semoga postingan kali ini bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.