Makanan Burung Pleci

Hai, para pembaca, dalam artikel ini nanti kita akan membahas tentang makanan burung pleci agar cepat gacor.

Burung yang berukuran kecil seperti burung prenjak ini merupakan burung kicau yang digemari oleh banyak orang.

Meski kecil, burung kicau ini memiliki kemampuan berkicau yang tidak kalah dengan burung kenari, lovebird, ciblek dan kolibri.

Nah, kita akan membahas tentang makanan nya, kenapa? karena burung pleci yang terpenuhi kebutuhan makanan yang gizi, dapat berkicau dengan baik dan maksimal.

Karena itulah, kamu harus perhatian saat memilih makanan untuk diberikan kepada burung pleci.

Nah, apa saja makanan yang bisa diberikan untuk burung pleci, simak artikel dibawah ini:

Makanan Burung Pleci

Pemilihan jenis makanan yang sehat dan berkualitas merupakan salah satu faktor penting agar burung pleci dapat menghasilkan suara kicauannya dengan yang baik dan maksimal.

Karena burung pleci yang telah terpenuhi semua kebutuhan nutrisinya dari makanan yang diberikan oleh pemiliknya, akan berkicau dengan baik dan maksimal.

Nah, berikut ini adalah rekomendasi makanan burung pleci yang dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisi burung agar cepat gacor. تطبيق الماتش

1. Voer

Makanan Burung Pleci
Voer, sumber: okdogi.com

Seperti burung kicau lainnya, burung pleci sering diberi voer sebagai makanan utamanya, sebab voer itu praktis dan memiliki semua kandungan nutrisi yang terjamin oleh produsennya sehingga dapat memenuhi kebutuhan burung plecinya.

Selain lengkap nutrisinya, voer juga mudah dicari, cukup beli di toko hewan, toko pakan burung, toko perlengkapan burung, dan toko online. كازينوهات اون لاين

2. Buah-buahan

Makanan Burung Pleci
Buah-buahan, sumber: pixabay.com

Seperti burung pleci yang liar, kamu juga bisa memberikan buah-buahan sebagai makanannya agar burung tidak bosan dan untuk memenuhi vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh burung pleci.

Nah, untuk jenis buah-buahan yang bisa digunakan sebagai makanan burung pleci agar cepat berkicau biasanya memiliki tekstur lembut dan lunak agar mudah dicerna oleh burung.

Jenis buah tersebut meliputi:

A. Pisang

Makanan Burung Pleci
Pisang dan pohonnya, sumber: avesnesia.com

Pisang merupakan salah satu buah yang disukai burung pleci karena memiliki rasa yang enak dan manis.

Selain itu, pisang memiliki kandungan karbohidrat, vitamin A, vitamin C dan potasium. Karbohidrat dalam pisang dapat membuat burung cepat kenyang dan dapat menambah staminanya.

Kemudian, vitamin A dapat menyehatkan mata serta vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh burung sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Lalu, untuk potasiumnya dapat menguatkan tulang burung pleci. Untuk jenis pisangnya, para peternak biasanya memberikan pisang kepok, raja dan ambon sebagai jenis pisang yang sering diberikan kepada burung pleci.

Saat pemberian pisang, pastikan pisang yang akan diberikan masih dalam kondisi segar sehingga masih mengandung banyak nutrisi dan kandungan air.

Oh ya, jangan lupa untuk mencuci bersih dan potong kecil pisang sebelum diberikan, agar burung pleci mudah memakannya.

Namun, perlu diketahui bahwa pemberian pisang yang terlalu banyak dapat membuat burung obesitas atau kegemukan sehingga burung menjadi malas berkicau.

B. Apel

Makanan Burung Pleci
Apel, sumber: avesnesia.com

Sekarang, kita akan membahas apel yang merupakan salah satu buah yang disukai pleci. Apel merupakan makanan tambahan bagi burung pleci, karana kandungan gizinya banyak.

Kandungan gizi dalam apel meliputi Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, dan Vitamin B kompleks. Selain itu, apel juga memiliki kandungan air yang cukup banyak juga.

Jadi, apel dapat meningkatkan imunitas tubuh yang merupakan fungsi Vitamin C dalam apel sehingga burung pleci tahan dari serangan berbagai penyakit.

Selain itu, apel juga memiliki manfaat lain, yaitu dapat membantu mencegah obesitas pada sehingga burung tidak malas berkicau dan dapat mencegah suaranya serak.

Apel juga sering digunakan saat lomba karena buah ini dapat meningkatkan stamina dan mengembalikan tubuh agar kembali prima secara cepat.

Namun, apel juga dapat membuat burung pleci mati karena kandungan senyawa amygdalin (hidrogen sianida) yang beracun bagi pleci yang berada di dalam biji apelnya, sehingga biji ini harus dibuang terlebih dahulu sebelum diberikan kepada burung.

C. Pir

Makanan Burung Pleci
Buah pir, sumber: pixabay.com

Selain apel, ada buah pir yang dapat diberikan kepada burung pleci. Buah pir mengandung banyak serat, berbagai vitamin dan mineral penting sehingga baik untuk burung pleci.

Kandungan vitamin serta mineral dalam pir seperti vitamin A, C, K, B2, kemudian kalsium B3, B6, magnesium, kalium, dan tembaga, membuat pir dapat menjaga sistem imunitas tubuh sehingga tahan dari serangan segala penyakit.

Pir juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, sebab zat boron yang terkandung dalam pir dapat membantu tubuh untuk mempertahankan kalsium.

Selain itu, buah pir juga memiliki kandungan pektin, serat dan tanin yang bagus untuk kesehatan sistem pencernaan burung, seperti dapat membantu menghentikan diare dan mengatasi iritasi dalam saluran pencernaan.

Manfaat lain dari pir adalah dapat menjernihkan suara kicau burung dan dapat membantu menurunkan stres pada burung pleci.

Namun, perlu diingat ya, kalau memberikan pir kepada burung itu pastikan bijinya sudah dibuang dulu. Karena biji buah pir itu mengandung senyawa amygdalin (hidrogen sianida) yang dapat mematikan burung pleci.

D. Jeruk

Makanan Burung Pleci
Buah jeruk, sumber: pixabay.com

Buah jeruk merupakan salah satu buah yang sering diberikan kepada burung pleci. Buah yang dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga bagus untuk imunitas tubuh burung pleci.

Selain vitamin C, jeruk juga mengandung kalium dan folat yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak, sehingga burung lebih indah suara kicaunya.

Selain itu, jeruk juga dapat membantu melancarkan saluran pencernaan, menetralisir racun yang ada di dalam tubuh burung dan menurunkan suhu tubuh.

Buah jeruk juga dapat mempercepat pertumbuhan bulu sehingga cocok diberikan saat burung sedang mengalami masa mabung atau kerontokan bulu.

3. Sayur-sayuran

Makanan Burung Pleci
Sayuran, sumber: pixabay.com

Beberapa sayuran juga bisa dijadikan sebagai makanan pleci, sebab sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh burung pleci.

Selain vitamin dan mineral, sayuran mengandung air yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai pengganti air dan dapat mencegah dehidrasi pada tubuh burung pleci.

Namun, perlu diingat kalau sayuran yang diberikan harus dalam kondisi masih segar, karan sayuran yang segar belum kehilangan banyak nutrisi dan kandungan air. Dan jangan lupa untuk mencuci bersih sayurnya terlebih dulu kemudian baru memberikannya.

Adapun beberapa jenis sayur-sayuran yang cocok diberikan untuk burung pleci, di antaranya:

A. Mentimun

Makanan Burung Pleci
Mentimun, sumber: pixabay.com

Mentimun juga termasuk dalam salah satu sayuran yang sering diberikan kepada burung pleci oleh pemiliknya.

Sayuran ini memiliki manfaat sebagai penurun stres pada burung pleci. Karena, burung pleci yang stres akan gelisah dan tidak tenang yang menyebabkan burung sulit berkicau dengan baik atau maksimal.

Selain itu, mentimun juga dapat mempercepat proses pertumbuhan bulu pada burung, sehingga cocok diberikan saat burung pleci kamu sedang mengalami masa mabung agar proses tumbuh bulunya lebih cepat.

Namun, masih kami ingatkan ya, pastikan kamu mentimun yang akan diberikan harus dalam kondisi baru dan segar, dan jangan lupa untuk memotongnya menjadi kecil-kecil sebelum diberikan.

B. Sawi

Makanan Burung Pleci
Sawi, sumber: pixabay.com

Sayuran hijau yang sering digunakan sebagai makanan burung pleci adalah sawi. Sawi memiliki kandungan vitamin-vitamin yang tinggi, seperti vitamin K, vitamin C.

Vitamin-vitamin tersebut dapat untuk pembekuan darah agar luka cepat mengering dan meningkatkan imunitas tubuh burung pleci.

Selain vitamin, sawi juga mengandung mineral kalsium yang tinggi sehingga bagus untuk pembentukan dan menjaga kualitas tulang.

Sayur sawi juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi mampu meregenerasi hemoglobin dengan baik. viagra homme acheter

Selain itu, sawi juga bagus untuk mengontrol berat badan burung, sebab kandungan kalori dan lemak dalam sawi sangat, namun kaya serat.

C. Wortel

Makanan Burung Pleci
Wortel, sumber: pixabay.com

Selain mentimun, wortel yang termasuk dalam sayur yang sering diberikan kepada burung pleci.

Wortel sangat baik untuk kesehatan mata burung, karena kandungan vitamin A yang tinggi sehingga membantu mengatasi kerusakan pada mata dan dapat menjaga kesehatan mata.

Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin lainnya, seperti B1, B2, B3, B6, B9, dan C. Selain vitamin, wortel juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium yang baik untuk kesehatan burung.

Adapun khasiat lain dari wortel untuk burung pleci, adalah dapat membantu mencerahkan bulu burung pleci yang kusam.

D. Gambas / Oyong

Makanan Burung Pleci
Oyong, sumber: pixabay.com

Oyong yang disebut sebagai makanan pamungkas, sebab memiliki banyak khasiat yang luar biasa sehingga dapat diberikan kepada burung pleci.

Oyong dapat menjaga kesehatan mata dan melancarkan pencernaan burung pleci. Selain itu, oyong juga dapat mengobati gangguan pernapasan pada kenari dan mengatasi radang tenggorokan sehingga dapat membuat burung lebih gacor dan ngekek saat lomba.

Gambas atau oyong juga dapat mencegah obesitas atau kegemukan pada burung, sehingga burung tidak malas gerak dan berkicau.

Selain itu, oyong juga dapat digunakan sebagai antioksidan, dapat membantu menurunkan panas tubuh pada burung, merangsang burung agar cepat berbunyi dan menstabilkan birahi burung.

4. Kacang-kacangan

Makanan Burung Merpati
Kacang-kacangan, sumber: lifestyle.kompas.com

Kamu juga bisa memberikan kacang-kacangan kepada burung pleci sebagai tambahan protein nabati, seperti kacang tanah, kacang kenari, atau kacang hijau.

Pleci umumnya menyukai makanan yang memiliki tekstur lembut, jadi kamu harus merebus kacang-kacangan tersebut terlebih dulu sebelum memberikannya kepada burung pleci.

Jika, kamu tidak mau ribet, pilihlah kecambah yang mudah ditemukan dan memiliki nutrisi sebanding dengan kacang-kacangan, kecambah ini tidak perlu direbus dulu saat mau diberikan.

5. Kroto

Makanan Burung Pleci
Kroto, sumber: avesnesia.com

Burung pleci juga bisa diberi kroto sebagai makanannya agar terangsang birahinya dan menjaga suhu panas dalam tubuhnya.

Selain itu, kroto juga dapat digunakan sebagai sumber energi untuk burung serta dapat meningkatkan stamina burung pleci.

Kroto juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan burung pleci seperti protein ,lemak, kalori, vitamin B1, sodium, zat besi dan mineral lainnya.

6. Ulat Hongkong

Makanan Burung Pleci
Ulat hongkong, sumber: arenahewan.com

Burung pleci juga dpt diberi ulat hongkong untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, sebab ulat ini mengandung sumber protein yang sangat tinggi.

Selain itu, ulat hongkong juga memiliki manfaat lain, yaitu sebagai penghangat tubuh burung pleci agar tidak kedinginan saat musim penghujan.

Meski memiliki banyak manfaat, ulat hongkong juga memiliki efek negatif untuk burung pleci. Efek negatifnya seperti membuat burung menjadi obesitas atau kegemukan dan over birahi. Obesitas pada burung dapat membuatnya malas berkicau.

7. Jangkrik

Makanan Burung Pleci
Jangkrik, sumber: avesnesia.com

Selain ulat hongkong, burung pleci juga dapat diberi jangkrik untuk membuatnya lebih gacor dan cepat birahi.

Serangga ini juga mengandung protein tinggi yang dapat mendorong pertumbuhannya dan dapat membuat burung menjadi rajin berkicau.

Selain itu, jangkrik juga mengandung asam amino yang dapat membantu pembentukan sel pada burung pleci.

Namun, jangkrik juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti hormon steroid, hormon estrogen, karbohidrat dan lemak, yang mana semua kandungan tersebut bagus untuk kesehatan tubuh burung pleci. ألعاب تربح أموال حقيقية 2022

Tapi, perlu kamu ketahui juga bahwa pemberian jangkrik pada pleci secara berlebihan dapat membuat burung over birahi sehingga berdampak buruk bagi kesehatannya.

Sebab burung yang sedang over birahi akan sulit dilatih sehingga tidak bisa untuk dikawinkan dan diikutkan lomba.

Penutup

Saat memelihara burung pleci, kamu harus benar-benar memperhatikan hal-hal seperti perawatan dan makanan yang akan kamu berikan kepada burung. Ini karena, hal tersebut memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan burung.

Sebab, burung yang sehat dapat berkicau dengan nyaring dan enak didengar. Karena itulah, kamu juga harus memberikan makanan terbaik, semakin baik pakan yang kamu gunakan untuk burung pleci maka semakin baik pula manfaat yang diterima oleh burung pleci.

Sekian yang bisa saya sampaikan, jika ada ada kesalahan dalam bentuk apapun di dalam artikel ini, kami mohon maaf.

Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung dan membaca di faunanesia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.