Makanan Burung Pelatuk

Pemberian makanan burung pelatuk merupakan faktor penting dalam memelihara burung pelatuk agar terjaga kesehatannya.

Burung yang terjaga kesehatannya dapat berkicau dengan maksimal dan aktif beraktivitas. Karena itulah, berikan makanan yang sehat untuk burung pelatuk peliharaanmu.

Burung yang memiliki paruh yang runcing untuk menyadap atau mematuk batang pohon, sehingga dinamakan burung pelatuk.

Di alam liar, burung ini sering mematuk pohon untuk memahat kayu agar memudahkannya dalam mencari tempayak untuk dimakan. اريد ان العب لعبه

Burung memiliki lidah yang panjang dan berujung kait, jadi dengan lidahnya, pelatuk dapat menusuk tempayak dan menariknya keluar batang pohon.

Tapi didalam sangkar, burung pelatuk tidak mungkin bisa mencari makanan sendiri. Karena itulah, kamu harus memberinya dengan makanan yang cocok dan sehat.

Makanan Burung Pelatuk

Seperti yang ditulis diatas, aktivitas burung pelatuk itu ditentukan oleh kesehatan tubuhnya. Dan kesehatan burung tergantung dengan perawatan dan makanan burung pelatuk yang diberikan oleh pemiliknya.

Untuk jenis-jenis makanan burung pelatuk biar gacor ada di artikel di bawah ini. Check it out.

1. Voer

Makanan Burung Pelatuk
Voer, sumber: okdogi.com

Voer sering digunakan oleh para pemilik burung pelatuk sebagai makanan utama burung pelatuk tersebut.

Voer dapat menjadi makanan utama karena voer itu mudah didapat dan simple cara pemberiannya.

Meski begitu, voer sudah terjamin kandungan nutrisinya oleh produsen yang membuatnya, jadi jangan khawatir kalau burung pelatuk kamu kekurangan nutrisi. priligy sur ordonnance

Sebab, voer merupakan makanan alami yang dicampur kemudian dikemas oleh pabrik menjadi bentuk makanan yang lebih praktis.

Namun, bagi burung yang belum pernah diberi voer biasanya dia tidak mau makan voer ini. طريقة لعب الدومنه Karena itulah, lakukan pelatihan dulu dengan cara mencampurkan sedikit demi sedikit voer ke dalam makanannya agar burung pelatuk terbiasa memakan voer.

2. Ulat Hongkong

Makanan Burung Pelatuk
Ulat hongkong, sumber: arenahewan.com

Ulat hongkong merupakan makanan yang disukai oleh banyak burung kicauan, termasuk burung pelatuk.

Sebab, makanan tini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat mendorong burung agar aktif berkicau.

Namun, ulat hongkong dapat menyebabkan efek yang buruk pada burung bila diberikan secara berlebihan.

Efek-efek buruk ulat hongkong meliputi dapat mengganggu pencernaan dan membuat burung peliharaan menjadi sakit mata.

Karena ulat hongkong dapat membuat badan burung menjadi hangat, jadi jumlah pemberian yang terlalu banyak, akan membuat badannya menjadi panas sehingga kurang baik untuk kesehatan burung itu sendiri.

3. Kroto

Makanan Burung Pelatuk
Kroto, sumber: bebeja.com

Telur semut atau kroto merupakan salah satu makanan yang dapat membantu menjaga stamina burung pelatuk.

Makanan ini juga dapat membantu burung untuk meningkatkan rasa birahi dan menjaga suhu panas pada tubuh burung saat musim hujan.

Selain itu, kroto juga memiliki kandungan protein yang bagus untuk pertumbuhan pelatuk. Ada juga kandungan vitamin dan mineral lainnya didalam kirito sehingga bagus untuk kesehatan burung pelatuk.

Namun, pemberian kroto sebaiknya dilakukan sejak burung yang masih tahap pemasteran atau kecil, karena nutrisi yang terdapat dari burung kroto mampu meningkatkan kemampuan memori otaknya.

Jika kemampuan otak burung baik, maka irama kicauan yang di masterkan akan terekam dan ditiru dengan baik oleh burung pelatuk.

4. Jangkrik

Makanan Burung Pelatuk
Jangkrik, sumber: avesnesia.com

Selain kroto, burung pelatuk juga dapat diberi jangkrik untuk membuatnya lebih gacor dan cepat birahi.

Serangga ini juga mengandung protein tinggi sehingga bagus untuk pertumbuhan burung dan dapat membuatnya menjadi aktif berkicau.

Selain itu, jangkrik juga dapat membantu pembentukan sel pada burung pelatuk yang merupakan fungsi dari asam amino yang terkandung dalam jangkrik.

Jangkrik juga dapat digunakan sebagai sumber energi untuk burung pelatuk, sebab jangkrik memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang berisi banyak energi.

Selain itu, jangkrik juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti hormon steroid dan hormon estrogen yang bagus untuk kesehatan tubuh burung pelatuk.

Meski bermanfaat, jangkrik juga memiliki efek buruk bila diberikan secara berlebihan, efek tersebut adalah dapat membuat burung over birahi.

Sebab, over birahi pada burung dapat berdampak buruk bagi kesehatannya. Selain itu, burung yang sedang over birahi akan sulit dilatih sehingga tidak kondusif untuk dikawinkan dan diikutkan lomba.

5. Belalang

Makanan Burung Pelatuk
Belalang, sumber: popmama.com

Seperti jangkrik, belalang merupakan salah satu jenis serangga yang dapat membuat burung pelatuk rajin berbunyi.

Untuk jenisnya, cari belalang yang berwarna hijau, sebab belalang hijau memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dan lengkap serta tidak beracun.

Belalang memiliki kandungan protein yang tinggi mencapai 62% dari total keseluruhan nutrisi yang terkandung dalam belalang, sehingga bagus untuk burung pelatuk.

Selain protein, serangga ini juga mengandung lemak sebanyak 15,5% yang dapat berfungsi sebagai sumber energi burung pelatuk. يوريو ٢٠٢١

Belalang juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan burung karena serat yang terkandung dalam belalang cukup tinggi.

Selain itu, belalang juga memiliki manfaat lain, yaitu dapat membuat burung menjadi lebih gacor dan dapat mencerahkan warna bulu burung (dengan catatan, belalang diberikan secara rutin).

Penutup

Demikianlah yang bisa kami sampaikan tentang makanan burung pelatuk. Semua jenis makanan diatas merupakan pakan yang cocok untuk diberikan pada burung pelatuk.

Namun, bila ada pertanyaan mengenai makanan burung pelatuk, jangan ragu untuk komen di kolom komentar yah!

Oh ya, kami akan senang bila ada masukan yang berupa saran dan kritik dari kalian, karena hal itu akan sangat membantu dalam mengembangkan website ini.

Sekian dari kami dan mohon maaf bila ada kesalahan dalam bentuk apapun di dalam artikel ini.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan terima kasih sudah berkunjung dan membaca.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.