Makanan Burung Merpati

Sebenarnya, makanan burung merpati sama saja, yaitu biji-bijian, buah dan sayuran. Walaupun jenis-jenis merpati itu ada banyak seperti merpati kolong, merpati tinggian dan lain-lain.

Tetap saja makanan untuk burung merpati itu sama, yang penting makanan sehat yang bergizi sehingga dapat mempercepat pertumbuhan merpati, menjaga stamina merpati agar stabil dan cepat saat terbang.

Selain itu, makanan yang bernutrisi dapat meningkatkan imunitas merpati agar tahan dari berbagai penyakit.

Nah, apa saja jenis makanan bernutrisi yang bisa menyehatkan burung merpati ? Silahkan simak pembahasan dibawah ini:

Makanan Burung Merpati Biar Cepat Gemuk

Seperti yang dijelaskan oleh penulis diatas, merpati itu membutuhkan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya, kembangbiaknya dan meningkatkan imunitasnya.

Tapi, apa saja sih makanan-makanan yang sehat untuk burung merpati? Silahkan baca artikel di bawah ini:

#1. Batu Kecil atau Kerikil

Makanan Burung Merpati
Merpati memakan kerikil, sumber: merpati.id

Pertama adalah Batu kecil atau kerikil. Meski bukan untuk dikonsumsi selayaknya makanan, batu kerikil merupakan alat yang membantu merpati untuk mencerna makanannya.

Kerikil akan disimpan oleh merpati di dalam temboloknya untuk membantu menghancurkan makanan. Dengan begitu, biji-bijian yang keras bisa hancur, sehingga pencernaan burung merpati menjadi lancar.

Jadi, kadang-kadang berikan batu kecil atau kerikil kepada merpati, apalagi saat memberikan biji-bijian yang keras dan susah hancur.

#2. Grit Asinan

Makanan Burung Merpati
Grid asinan, sumber: tokopedia.com

Di alam liar burung merpati kadang-kadang memakan batu kecil atau kerikil. Hal itu dilakukannya karena kerikil dapat membantu proses pencernaannya, terutama biji-bijian yang keras. المواقع الرياضيه

Jadi jika kamu memelihara merpati, kerikil bisa kamu ganti dengan grit asinan yang mudah ditemukan di toko burung.

Pemberian grid dilakukan dengan cara mencampurkan sedikit grid kedalam makanan yang akan diberikan kepada merpati.

Namun jika kamu tidak mau menggunakan grid, maka berikan saja kulit telur atau tulang sotong yang sudah dihancurkan menjadi penggantinya.

Grid mengandung banyak fosfor, mineral dan kalsium, sehingga dapat membantu merpati betina yang akan bertelur, selain sebagai pembantu pencernaan. Karena fosfor dan kalsium dapat meningkatkan kualitas telur yang dihasilkannya.

#3. Beras Merah

Makanan Burung Merpati
Beras merah, sumber: klikdokter.com

Seperti manusia, burung merpati juga memerlukan makanan yang sehat agar kondisi kesehatannya tetap terjaga.

Salah satu pilihan makanan yang bernilai gizi tinggi yang bisa diberikan untuk merpati adalah beras merah.

Beras merah sering digunakan sebagai pengganti beras putih karena dipercaya tidak membuat badan gemuk.

Hal Itu disebabkan oleh kadar gula yang terkandung dalam beras merah lebih rendah daripada beras putih.

Jadi, daripada memberikan beras putih untuk merpati, beras merah jauh lebih baik karena tidak membuatnya gemuk.

Selain itu, beras merah juga mengandung vitamin B1 di dalamnya yang dapat menguatkan organ, meningkatkan stamina, dan membuat merpati tidak cepat merasa lelah.

#4. Buah dan Sayuran

Makanan Burung Merpati
Buah-buahan dan sayuran, sumber: pixabay.com

Selain biji-bijian, buah dan sayuran bisa dijadikan alternatif lain untuk tambahan makanan burung merpati.

Berikan sayur atau buah-buahan yang masih dalam kondisi segar, saat memberikan cuci buahnya hingga bersih lalu potong sesuai dengan ukuran yang bisa dimakan burung.

Jangan asal memilih buah dan sayuran, ya! Hal itu dilakukan untuk menghindari keracunan makanan karena beberapa zat yang terkandung dalam buah dan sayuran tertentu.

Jenis buah yang biasa diberikan yaitu apel, melon, pepaya dan pisang. Sementara sayurannya berupa sayuran hijau, seperti selada, kangkung, brokoli, dan wortel.

Kemudian untuk frekuensi pemberian sayuran, dapat diberikan setidaknya sekali dalam dua hari sebagai pakan tambahan.

Sementara untuk buah sebaiknya hanya diberikan seminggu sekali saja mengingat kandungan gula dalam buah lebih tinggi dibanding pada sayuran.

#5. Biji Kenari

Makanan Burung Merpati
Biji kenari, sumber: hargabulanini.com

Kandungan nutrisi biji kenari per 100 gram adalah:

  • Karbohidrat: 55,8 %.
  • Protein: 13 %.
  • Lemak: 5,2 %.
  • Mineral: kalsium, fosfor dan asam amino 26 %.

Lemak dan protein serta asam amino yang terkandung dalam biji kenari dapat menambah stamina dan menyehatkan tubuh merpati. Selain itu, biji kenari juga dapat membantu meningkatkan kualitas bulu dan lemak.

Untuk pakan yang satu ini pilihlah jenis yang bagus yakni berwarna agak gelap, agak tua dan isinya lebih padat.

Lalu jangan diberikan setiap hari karena pekan ini termasuk dalam pakan tambahan bukan pakan utama. Cara pemberian terbaik adalah mencampurnya dengan jagung.

#6. Gabah atau Padi

Makanan Burung Merpati
Padi, sumber: pixabay.com

Kalau kamu tidak mau ribet, beri makan merpati dengan padi atau gabah. Kita ini hidup di negara agraris yang hampir semua tempat memiliki sawah. Sehingga padi atau gabah bisa ditemukan di daerah mana saja.

Gabah juga termasuk dalam jenis pakan yang memiliki nilai gizi yang tinggi dibandingkan beras biasa.

Alasannya adalah karena saat padi digiling, kandungan karbohidrat dan protein yang ada di dalamnya bisa ikut hilang.

#7. Jagung

Makanan Burung Merpati
Jagung, sumber: kompas.com

Jagung merupakan makanan yang paling sering diberikan kepada burung merpati, selain mudah didapatkan, jagung juga murah harganya.

Pemberian jagung biasa dilakukan 1 atau 2 kali dalam sehari. Untuk waktu yang tepat, beri pakan saat jam 7 dan jam 4 sore.

Namun, waktu pemberian juga fleksibel tergantung selera kamu, yang penting memberikan pakan pada saat masih siang jangan sampai malam.

Untuk jenis jagungnya, pilih jagung madura. Sekilas jagung ini mirip dengan jagung biasa tetapi ukurannya lebih kecil, sehingga sesuai dengan ukuran mulut merpati.

Dan untuk banyaknya pemberian jagung pada merpati diberikan dengan dosis 37 gram per ekor (untuk merpati dewasa), 25 gram per ekornya (remaja) dan 5-10 gram per ekor (anakan).

#8. Kacang-kacangan

Makanan Burung Merpati
Kacang-kacangan, sumber: lifestyle.kompas.com

Selain biji-bijian, buah dan sayuran, ada juga beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat diberikan sebagai makanan untuk burung merpati atau dara.

Batasi porsi dan asupannya saat memberikan kacang-kacangan, karena kacang-kacangan mengandung lemak yang tinggi.

Adapun jenis kacang-kacangan yang dapat diberikan sebagai makanan burung merpati, sebagai berikut:

√A. Kacang Hijau

Makanan Burung Merpati
Kacang hijau, sumber: pixabay.com

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat diberikan kepada burung merpati.

Kacang hijau memiliki kandungan protein, serat, mineral, serta omega yang baik untuk kesehatan tubuh burung merpati.

Karena harga kacang hijau cukup mahal, pemberian kacang ini bisa kamu berikan setiap 2 hari sekali dengan di selang seling atau bergantian dengan jagung.

√B. Kacang Kedelai

Makanan Burung Merpati
Kacang kedelai, sumber: pixabay.com

Salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat diberikan kepada burung merpati adalah kacang kedelai.

Kacang ini memiliki mengandung vitamin yang lengkap seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A dan juga vitamin E yang sangat bermanfaat bagi tubuh burung merpati.

Karena itulah, kacang-kacangan yang satu ini cocok untuk diberikan sebagai pakan merpati. Kacang kedelai ini juga mudah ditemukan di toko pakan ternak di sekitar wilayah kamu.

√C. Kacang Tanah

Makanan Burung Merpati
Kacang tanah, sumber: pixabay.com

Salah satu jenis kacang-kacangan yang sering dipakai peternak merpati adalah kacang tanah. Kacang ini diberikan kepada merpati karena kandungan nutrisi dalam kacang tanah dapat meningkatkan stamina untuk menjaga kestabilan merpati saat terbang.

Selain itu, kacang tanah juga kaya akan lemak, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, dan juga zat besi sehingga bagus untuk menjaga kesehatan burung merpati. Jadi, kacang ini merupakan salah satu pilihan makanan burung merpati balap.

#9. Voer

Makanan Burung Merpati
Voer, sumber: okdogi.com

Voer atau pelet merpati merupakan jenis makanan burung hasil olahan pabrik dari bahan baku biji-bijian yang dihancurkan menjadi serbuk lalu dipadatkan kembali.

Pemberian voer kepada merpati sebaiknya dilakukan dengan porsi 15-25% dari asupan hariannya. viagra promotion Hal itu dilakukan karena bahan dari voer adalah biji-bijian yang merupakan pakan utama burung merpati. طاولة وكرسي قيمنق

Untuk burung merpati dewasa, voer biasa digunakan sebagai campuran dalam biji-bijian untuk pakan harian.

Namun untuk anakan burung merpati, voer harus dilembutkan terlebih dulu dengan air sebelum diberikan sebagai pakan harian.

Penutup

Demikianlah yang bisa kami sampaikan, makanan diatas merupakan pakan yang begizi untuk diberikan pada burung merpati. Jenis-jenis makanan diatas juga sudah banyak digunakan oleh para peternak burung merpati.

Ada banyak lagi pakan yang bisa kamu gunakan, tapi yang terpenting adalah pastikan pakan yang kamu pilih harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dari burung merpati, agar pertumbuhan dan perkembangbiakan burung optimal.

Jika ada pertanyaan seputar makanan burung merpati, jangan ragu untuk komen di kolom komentar yah! Kami akan senang bila ada masukan yang berupa saran dan kritik dari kalian, karena hal itu akan sangat membantu dalam mengembangkan website ini.

Sekian dari kami, mohon maaf bila ada kesalahan dalam bentuk apapun. Semoga bisa bermanfaat ulasan kali ini, dan terima kasih sudah membaca. قوانين لعبة اونو

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.