Makanan Burung Kutilang

Makanan burung kutilang biasanya dipilih dari buah-buahan (pepaya, pisang dan sejenisnya), sayuran (sawi, cabai dan sebagainya) dan hewan kecil seperti (jangkrik, ulat, kroto dan sebagainya).

Meski terdengar sederhana, makanan yang bisa membuat suara burung kutilang lebih gacor harus mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan.

Ketika nutrisi burung terpenuhi, maka stamina burung kutilang akan terjaga yang membuatnya bisa berkicau lebih keras atau nyaring.

Dalam ulasan ini kami akan membahas tentang jenis makanan burung kutilang supaya gacor dari bahan alami seperti dari hewan dan tumbuhan serta pakan buatan.

Nah, mari simak ulasan tentang makanan burung kutilang dibawah ini:

Makanan Burung Kutilang Biar Gacor

Burung kutilang yang merupakan burung favorit karena memiliki suara yang merdu. Burung ini membutuhkan nutrisi agar kesehatannya terjaga sehingga bisa menghasilkan kicau yang merdu dan indah.

Nah, apa saja makanan bernutrisi yang dapat menjaga kesehatan burung kutilang agar suaranya merdu atau gacor. Silahkan baca ulasan berikut ini:

1. Buah Mangga

Makanan Burung Kutilang
Kutilang makan mangga, sumber: avesnesia.com

Serangga yang merupakan pakan burung kutilang yang memiliki protein tinggi dapat meningkatkan stamina dan frekuensi kicauan burung, namun burung kutilang perlu makan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya, seperti vitamin.

Buah mangga adalah salah satu buah yang sangat baik untuk dijadikan sebagai pakan burung kutilang setiap hari. هوت لاين ويسترن يونيون

Selain terasa enak dan menyegarkan, buah mangga mengandung banyak sekali nutrisi dan antioksidan yang bagus untuk pencernaan burung kutilang serta kesehatan jantungnya.

Selain menyehatkan dan menyegarkan, buah mangga sangat mudah ditemukan di pasar maupun di sekitar rumah. prix d’une boite de viagra en pharmacie

2. Buah Pepaya

Makanan Burung Kutilang
Kutilang makan pepaya, sumber: avesnesia.com

Pepaya merupakan buah yang sering dijadikan makanan burung kutilang, karena buah yang tergolong lunak sehingga mudah dicerna burung kutilang.

Selain itu, pepaya juga mudah ditemukan di kebun dan harganya murah bila kamu membelinya. Meskipun murah, pepaya mengandung nutrisi dan vitamin yang lengkap.

Nutrisi yang terkandung dalam pepaya diantaranya adalah lemak, protein, magnesium, serat, kalsium dan fosfor yang menyehatkan bagi burung kutilang.

Saat memberikan buah ini pada kutilang, buanglah bijinya dulu, karena biji buah pepaya bisa membuat kandang menjadi kotor karena tidak termakan oleh burung. افلام سباقات سيارات

3. Buah Apel

Makanan Burung Kutilang
Apel, sumber: avesnesia.com

Jika burung kutilang sudah dewasa, coba berikan buah apel yang sudah dibuang bijinya. Apel memiliki kandungan Vitamin C dan Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata burung.

Selain itu, apel juga memiliki zat bernama magnesium yang dibutuhkan oleh burung kutilang untuk menjaga kesehatan tubuh dan bulu-bulunya.

Karena apel merupakan buah yang keras, pemberian apel biasanya hanya sesekali saja sebagai variasi pakan tambahan, dengan tujuan agar burung tidak bosan dan tetap rajin berkicau.

4. Buah Pisang

Makanan Burung Kutilang
Pisang dan pohonnya, sumber: avesnesia.com

Sama seperti pepaya, pisang merupakan salah satu buah kesukaan burung kutilang. Pemberian buah pisang secara rutin, dapat menjaga kebugaran tubuh kutilang karena pisang mengandung vitamin dan mineral yang tinggi.

Secara umum, jenis pisang yang diberikan untuk burung kicau adalah jenis pisang kepok, karena pisang kepok ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas suara kicauan burung kutilang.

5. Buah Asam Landi

Makanan Burung Kutilang
Buah asam landi, sumber: avesnesia.com

Pohon Asam Landi yang biasanya ada di sudut-sudu kota dan dijadikan sebagai tanaman penyaring polusi ternyata kerap dijadikan tempat burung kutilang mencari makan.

Buah asam landi atau asam belanda itulah yang disukai oleh burung kutilang. Jadi, jika ada banyak pohon Asam Landi di wilayah tempat kamu tinggal, maka kamu bisa mencoba memberikan buahnya kepada burung kutilang kamu.

6. Buah Sawo

Makanan Burung Kutilang
Buah sawo, sumber: pixabay.com

Sawo merupakan buah yang disukai oleh semua jenis burung, termasuk burung kutilang. Karena kandungan gulanya yang tinggi, sehingga buah ini memiliki rasa manis yang membuat burung menyukainya.

Selain itu, sawo juga mengandung vitamin A, B, B6, C dan mineral lainnya yang dapat merangsang burung untuk lebih sering berkicau dan meningkatkan nafsu makan burung.

Meskipun memiliki banyak vitamin dan mineral, namun buah ini memiliki efek mengganggu pencernaan burung bila diberikan setiap hari.

Berikan pada burung 1-2 kali dalam seminggu atau berikan saat burung sedang tidak mau makan.

Pemberian bisa dilakukan dengan mencampurkannya dengan bahan lainnya atau berikan potongan-potongan buahnya secara langsung kepada burung kutilang.

Jumlah yang pemberian untuk setiap kali makan hanyalah ¼ sawo dan buah dalam kondisi sudah matang bahkan genjur, tapi jangan sampai busuk atau tidak layak dimakan.

7. Buah Beringin

Makanan Burung Kutilang
Kutilang memakan buah beringin, sumber: avesnesia.com

Di Indonesia, pohon beringin yang biasa dijadikan sebagai pohon peneduh di alun-alun kota ternyata buahnya sangat disukai oleh burung kutilang.

Buah beringin ternyata mengandung kalsium, zat besi dan potasium yang sangat baik untuk kesehatan burung kutilang.

8. Cabai

Makanan Burung Kutilang
Cabai, sumber: pixabay.com

Percaya atau tidak, cabai merupakan salah satu makanan yang dapat diberikan kepada burung kutilang, karena burung tidak bisa merasakan pedas.

Cabai diberikan dengan tujuan utama yaitu untuk meningkatkan suara kicau kutilang. Cabai yang mengandung capsaicin dapat melatih lidah burung agar lebih lincah bergoyang sehingga lebih menghasilkan kicau yang lebih merdu.

Frekuensi pemberian cabai pada kutilang, sebaiknya dilakukan hanya sekali dalam seminggu.

Jangan memberikan secara berlebihan karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan panas pada burung.

Pemberian cabai pada burung kutilang dapat dilakukan dengan cara mengiris cabai keriting atau rawit secara tipis-tipis. Bila perlu, campurkan dengan makanan lainnya agar rasanya tidak terlalu pedas.

Karena cabai bersifat panas, akan lebih baik apabila cabai ini diberikan kepada burung kutilang saat musim penghujan.

9. Daun Flamboyan

Makanan Burung Kutilang
Daun flamboyan, sumber: avesnesia.com

Daun flamboyan sudah lama dikenal sebagai obat karena mengandung anti bakteri, anti malaria dan anti jamur yang dapat mencegah radang pada manusia.

Ternyata daun ini merupakan makanan yang sering dimakan oleh burung kutilang. Meski daun flamboyan kaya akan nutrisi, tapi pemberian daun flamboyan harus dibatasi dan hanya dijadikan sebagai pakan burung kutilang tambahan saja.

Hal Itu disebabkan oleh kandungan vitamin dari daun flamboyan sangat rendah sehingga kurang baik untuk kesehatan burung kutilang bila diberikan secara rutin.

10. Jangkrik

Jangkrik, sumber: avesnesia.com

Makanan yang terbukti dapat membuat burung kutilang cepat gacor adalah Jangkrik. Sebab, jangkrik memiliki kandungan protein tinggi.

Protein itulah yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi burung kutilang sehingga stamina dan kesehatan burung selalu terjaga, yang menyebabkan burung bisa berkicau dengan lantang.

Dosis pemberian jangkrik sebagai pakan burung kutilang yaitu 1 atau 2 ekor setiap harinya. كزنو888 Sebelum memberikan jangkrik kepada kutilang, sebaiknya buang dulu kedua kakinya, baru berikan kepada burung.

11. Ulat Hongkong

Makanan Burung Kutilang
Kutilang makan ulat hongkong, sumber: avesnesia.com

Selain jangkrik, ulat hongkong atau mealworm adalah pilihan utama untuk makanan burung kutilang biar gacor selanjutnya.

Pemberian ulat hongkong sebagai pakan utama, dapat dilakukan sejak burung kutilang masih kecil yaitu sebanyak 2 ekor ulat setiap hari.

Ketika burung kutilang beranjak remaja, 3 ekor ulat, namun saat sudah dewasa, burung kutilang harus diberi minimal 5 ekor ulat hongkong per hari untuk memenuhi kebutuhan protein dan nutrisinya.

12. Ulat Jerman

Makanan Burung Kutilang
Ulat jerman, sumber: tanipedia.co.id

Tahukah kamu, ternyata ulat jerman yang tidak bersifat panas, sehingga saat diberikan ke burung tidak mengganggu keseimbangan suhu tubuh burung kutilang.

Ulat jerman mengandung protein dan kalsium yang dapat menjaga stamina burung kutilang. Selain itu, ulat ini mudah dicerna karena mengandung sedikit exoskeleton dan tidak ada kitin.

Kulit ulat jerman memiliki tingkat kekerasan yang tipis sehingga aman dijadikan pakan burung kutilang. Burung yang sering mengkonsumsi ulat jerman akan semakin gacor.

Kandungan gizi ulat jerman meliputi protein sekitar 19,06%, lemak 14,19%, kalsium 173 ppm dan serat kasar mencapai 2,60%.

13. Kroto

Makanan Burung Kutilang
Kroto, sumber: avesnesia.com

Jika kamu agak jijik dengan jangkrik dan ulat hongkong, beri makan kutilang dengan kroto atau telur semut untuk memenuhi asupan protein yang diperlukan oleh burung kutilang.

Untuk dosis pemberian kroto pada burung kutilang adalah sebanyak 3 sampai 4 gram kroto/hari.

14. Laron

Makanan Burung Kutilang
Laron, sumber: pixabay.com

Semua jenis burung pasti suka berbagai macam serangga, salah satunya adalah laron atau sulung.

Serangga terbang ini memiliki nutrisi yang cukup lengkap seperti protein dan lemak yang dapat mendongkrak stamina burung kutilang.

Protein yang terkandung dalam laron bisa mencapai 65% yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan belalang yang hanya mencapai 32%.

Laron juga mengandung lemak yang tinggi, yaitu 31%. Namun, lemak tersebut tidak membuat burung menjadi obesitas meskipun diberi laron secara rutin secara rutin.

Tapi, jangan lupa kontrol pemberian laron, karena laron yang terlalu banyak dapat membuat birahi burung tidak stabil.

15. Pakan Pabrikan (Voer)

Makanan Burung Kutilang
Voer, sumber: okdogi.com

Jika kamu malas atau kesulitan menemukan makanan segar, seperti buah-buahan atau serangga, maka berikan pakan buatan pabrik atau voer sebagai pakan harian.

Karena voer ini telah terjamin kandungan nutrisinya sehingga bisa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung kutilang peliharaan.

Sama halnya dengan pakan biasa, voer ini adalah sejenis pelet yang berasal dari berbagai jenis makanan burung, seperti ekstrak buah-buahan, serangga, madu, dan bahan tambahan lain yang dicampur jadi satu.

Bahkan beberapa pakan pabrikan juga menggunakan aroma pisang agar burung kutilang lebih lahap saat memakannya.

Namun, frekuensi pemberian dilakukan dengan cara diberikan sedikit demi sedikit saja untuk menyesuaikan selera makan dari burung kutilang.

Penutup

Demikianlah pembahasan kita mengenai makanan burung kutilang. Jika ada pertanyaan seputar makanan burung kutilang, jangan ragu untuk komen di kolom komentar yah!

Kami para author akan senang hati menerima berbagai saran, kritik ataupun masukan dari kalian. Semoga artikel ini dapat membantu dan menjawab permasalahan kalian.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.