Makanan Burung Kacer

Dalam memelihara burung kacer, pemilihan makanan burung kacer merupakan hal yang paling penting agar burung cepat gacor.

Kegacoran burung terpengaruh oleh kesehatan burung kacer yang terjaga karena kebutuhan nutrisinya terpenuhi dari makanan-makanan yang diberikan oleh pemiliknya.

Karena itulah, si pemilik kacer harus tahu akan kandungan nutrisi dalam makanan yang akan diberikan kepada burung kacer peliharaannya.

Pakan yang cocok akan membuat si kacer akan rajin berbunyi bahkan gacor dan dapat meningkatkan kesehatan.

Pada penjelasan dibawah ini, kami akan membahas tentang makanan apa saja yang cocok untuk diberikan kepada burung kacer. العاب بتكسب فلوس Check it out.

Makanan Burung Kacer

Burung kacer tidak bisa diberi makanan secara sembarangan, sebab makanan yang tidak cocok bisa membuat kesehatan burung kacer terganggu.

Ketika kesehatan burung terganggu, maka burung kacer malas berkicau dan bahkan bisa terancam mati.

Karena itulah, pilih makanan yang cocok dan memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk mencukupi kebutuhan burung kacer, sehingga kesehatan burung terjamin.

Nah, apa saja makanan burung kacer yang bagus? Simak pembahasannya di artikel berikut ini!

#1. Biji-bijian

Makanan Burung Kacer
Biji-bijian, sumber: lifestyle.kompas.com

Seperti burung kicau lain, kacer juga menyukai biji-bijian. Biji-bijian itu sendiri juga dapat menambah asupan nutrisi mereka.

Adapun jenis biji-bijian yang dapat dijadikan pakan burung kacer adalah:

A. Jagung

Makanan Burung Kacer
Jagung, sumber: kompas.com

Jagung merupakan salah satu biji-bijian yang sering diberikan kepada burung kacer. Selain mudah didapatkan, jagung juga murah harganya.

Jagung mengandung banyak nutrisi yang sangat penting untuk burung kacer seperti karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber tenaga burung serta masih ada banyak vitamin dan mineral lainnya yang tidak saya sebut disini.

Untuk pemberian jagung, biasanya dilakukan sebanyak 1-2 kali dalam sehari. Untuk waktu yang tepat, beri pakan saat jam 7 dan jam 4 sore.

Namun, waktu pemberian juga fleksibel tergantung selera kamu, yang penting pemberian pakan harus dilakukan diwaktu masih siang jangan sampai malam. sildenafil viagra

B. Kacang Hijau

Makanan Burung Kacer
Kacang hijau, sumber: pixabay.com

Selain jagung, ada juga jenis biji-bijian lain yang dapat diberikan kepada burung kacer misalnya kacang hijau.

Kacang hijau sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh burung kacer, sebab kacang ini kaya akan kandungan protein, serat, mineral, serta omega.

#2. Buah-buahan

Makanan Burung Kacer
Buah-buahan, sumber: pixabay.com

Selain biji-bijian, kamu juga dapat memberikan buah-buahan kepada burung kacer agar kondisi tubuh kacer seimbang dan tidak mengalami obesitas atau kegemukan.

Karena sifat buah-buahan adalah makanan tambahan, jangan berikan buah dalam porsi berlebihan, berikan dengan mengkombinasikan dengan pakan burung kacer lainnya.

Adapun jenis-jenis buah yang baik untuk burung kacer adalah:

A. Pepaya

Makanan Burung Kacer
Pepaya, sumber: kompas.com

Pepaya merupakan buah yang tergolong lunak sehingga sering dijadikan makanan burung kacer, sebab buah ini mudah dicerna.

Selain itu, pepaya juga murah harganya. Meski murah, pepaya juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang lengkap.

Nutrisi yang terkandung dalam pepaya diantaranya adalah lemak sebagai sumber energi burung dan protein yang bagus untuk pertumbuhan burung kacer.

Selain itu, pepaya juga magnesium, serat, kalsium dan fosfor yang menyehatkan bagi burung kacer.

Namun, saat memberikan buah ini pada kacer, buanglah bijinya dulu, karena biji buah pepaya bisa membuat kandang menjadi kotor karena tidak termakan oleh burung.

B. Pisang

Makanan Burung Kacer
Buah pisang, sumber: pixabay.com

Seperti pepaya, pisang merupakan buah yang disukai burung kacer karena mudah dicerna dan memiliki rasa yang enak dan manis.

Selain itu, pisang memiliki kandungan karbohidrat yang dapat berfungsi sebagai sumber energi sehingga dapat menambah stamina burung.

Pisang juga potasium yang dapat menguatkan tulang burung kacer. Selain itu, vitamin A dan C dalam pisang dapat menyehatkan mata dan meningkatkan imunitas tubuh burung sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Saat memberikan pisang, pastikan pisang yang akan diberikan masih dalam kondisi segar sehingga masih mengandung banyak nutrisi dan kandungan air.

Oh ya, jangan lupa untuk mencuci bersih dan potong kecil pisang sebelum diberikan, agar burung pleci mudah memakannya.

Namun, batasi pemberian pisang, karena burung dapat mengalami obesitas atau kegemukan yang menyebabkan burung menjadi malas berkicau jika terlalu banyak dalam memberikan pisang.

#3. Daun Mengkudu

Makanan Burung Kacer
Daun mengkudu, sumber: rumah.com

Seperti buahnya, daun mengkudu juga memiliki manfaat untuk burung kicauan, termasuk burung kacer.

Sebab, daun mengkudu ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh burung kacer.

Karena itulah, daun mengkudu dapat membuat tekanan darah dari burung lebih stabil, yang disebabkan oleh kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun ini.

Konsentrasi dan stamina burung akan meningkat bila tekanan darahnya stabil, jadi berikan daun mengkudu kepada burung kacer, apalagi saat burungnya mau diikutkan dalam lomba.

Sebab, burung akan mudah dilatih saat bisa berkonsentrasi dengan maksimal saat proses mastering itu dilakukan. ورق باصرة

Ada beberapa cara memberikan daun mengkudu, seperti potong kecil-kecil daun mengkudu menjadi lembaran halus baru berikan kepada burung kacer, atau dengan cara ditumbuk dulu hingga menjadi halus kemudian baru diberikan.

#4. Jahe

Makanan Burung Kacer
Jahe, sumber: pixabay.com

Selain sebagai bumbu masakan, jahe ternyata dapat digunakan sebagai obat untuk burung kacer kesayanganmu.

Jahe yang biasa digunakan sebagai bumbu dan obat herbal oleh manusia, ternyata juga bermanfaat bagi burung kacer.

Khasiat jahe untuk kacer meliputi melancarkan sistem pernafasan sehingga burung tidak serak dan membuat kacer memiliki suara yang lebih nyaring dan lebih panjang.

Jadi, jahe sangat efektif untuk menyembuhkan infeksi tenggorokan dan serak pada burung kacer.

Selain itu, jahe juga memiliki khasiat untuk meningkatkan dan memulihkan stamina burung, sehingga jahe sering diberikan kepada burung kacer untuk memulihkan stamina pasca berlomba.

#5. Ulat Bambu

Makanan Burung Kacer
Ulat bambu, sumber: pixabay.com

Ulat bambu merupakan makanan yang digunakan sebagai penurun birahi oleh para pemilik burung kicau.

Hal itu, dilakukan karena burung yang menurun tingkat birahinya dapat menyimpan staminanya untuk lomba berikutnya.

Karena itulah, pakan jenis ulat bambu tidak ini hanya boleh dijadikan sebagai pakan harian untuk burung kacer. Dan hanya boleh diberikan saat burung kacer sedang over birahi.

#6. Cacing Tanah

Makanan Burung Kacer
Cacing tanah, sumber: pixabay.com

Selain menyehatkan, cacing juga bisa meningkatkan birahi burung kacer sehingga cocok untuk diberikan pada saat burung kacer sudah mendekati masa kawin.

Cacing juga bisa dijadikan sebagai pakan harian, sebab protein yang terkandung dalam cacing cukup tinggi dan tidak ada resiko kegemukan atau obesitas.

Kamu bisa memberikan beberapa jenis cacing, misalnya seperti cacing tanah dalam bentuk potongan kecil agar mudah dimakan.

Porsi pemberian cacing ini yaitu 2 kali dalam seminggu sebagai campuran dari jenis pakan burung kacer lainnya.

#7. Jangkrik

Makanan Burung Kacer
Jangkrik, sumber: avesnesia.com

Jangkrik merupakan salah satu makanan yang disukai oleh burung kacer yang membuatnya lebih gacor dan menjaga kesehatan tubuhnya.

Jangkrik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun si burung. Selain itu, jangkrik juga dapat dijadikan sebagai sumber protein bagi burung kacer karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi.

Karena itulah, jangkrik yang mengandung protein dapat meningkatkan kualitas suara burung kacer.

Untuk pemberian jangkrik, lakukan pada waktu pagi hari setelah burung selesai dimandikan dan sebelum burung dijemur.

Berikan 2-3 ekor jangkrik yang berukuran kecil untuk menyesuaikan ukuran tubuh burung prenjak.

#8. Kroto

Makanan Burung Kacer
Kroto, sumber: avesnesia.com

Selain jangkrik, kroto merupakan salah satu pakan favorit burung kacer, sehingga sering dijadikan makanan alternatif untuk burung kacer.

Kroto dapat meningkatkan stamina burung, sebab kandungan protein dalam kroto cukup tinggi.

Apabila stamina burung tinggi dan cukup, burung kacer dapat berkicau dengan suara yang lebih gacor dan maksimal.

Sebaiknya pemberian kroto untuk burung kacer dilakukan sejak burung masih kecil atau trotolan.

Hal itu dilakukan dengan tujuan agar burung beradaptasi dengan makanan kroto ini sejak kecil.

Selain itu, kroto diberikan kepada burung sejak kecil untuk membantu perkembangan otak agar burung bisa mengingat irama yang ia dengar sejak kecil.

Selain penambah stamina, kroto dapat mengatasi stress pada burung. Untuk porsi pemberian, direkomendasikan untuk memberikan kroto sebanyak 2-3 kali saja dalam seminggu.

Dan ingat, pemberian kroto untuk burung kacer harus dihentikan dalam dua hari sebelum melombakan burung kacer.

#9. Ulat Hongkong

Makanan Burung Kacer
Ulat hongkong, sumber: arenahewan.com

Ulat hongkong juga bisa kamu berikan kepada burung kacer untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Sebab, kandungan protein dalam ulat hongkong lumayan tinggi jika dibandingkan makanan lainnya.

Selain protein, ulat ini juga mengandung kalori yang berfungsi sebagai sumber energi burung kacer agar dapat berkicau dan beraksi.

Selain manfaat, ulat hongkong juga memiliki efek negatif untuk burung kacer bila diberikan secara berlebihan. Efek negatifnya adalah dapat membuat over birahi dan cepat gemuk.

Sebab, burung yang terlalu over birahi akan cepat habis staminanya, sedangkan burung yang kegemukan akan susah dilatih saat mau diikutkan dalam lomba.

Jadi, pemberian ulat hongkong kepada burung kacer biasanya dilakukan sebanyak 1–2 kali dalam seminggu dengan takaran 2–3 ekor setiap pemberian.

#10. Ikan

Makanan Burung Kacer
Ikan kecil, sumber: omkicau.com

Di alam liar, secara umum burung kacer tidak memakan ikan. Meski begitu, kamu juga dapat memberikan ikan kepada kacer, sebab ikan bagus untuk kesehatan burung kacer.

Nutrisi penting yang dibutuhkan burung kacer dapat dilengkapi oleh ikan. Nutrisi-nutrisi tersebut meliputi protein, omega 3 dan omega 6. تعلم لعبة الدومينو

Proteinnya dapat mendukung pertumbuhan burung kacer, sedangkan omega 3 dan 6 dapat merangsang performa kicauannya.

Untuk pemberiannya, pilih ikan utuh yang berukuran kecil agar tidak usah memotongnya terlebih dahulu, tapi bila hanya ada ikan yang besar, potong kecil-kecil ikan tersebut kemudian baru diberikan.

#11. Voer

Makanan Burung Kacer
Voer, sumber: okdogi.com

Jika kamu gak mau ribet, beri saja kacer dengan voer buatan pabrik. Voer merupakan pakan buatan pabrik yang terbuat dari bahan alami sehingga telah terjamin kandungan nutrisinya.

Nutrisi dalam voer sudah lengkap seperti protein, karbohidrat, kalsium, vitamin dan mineral lainnya.

Voer juga mudah ditemukan, kamu dapat mencarinya di toko hewan, toko burung dan toko online.

Voer sendiri sudah tersedia dalam berbagai merk yang memiliki berbeda harga, jadi pilihlah merk yang murah tapi mengandung nutrisi yang lengkap.

Penutup

Demikianlah yang bisa kami sampaikan tentang makanan burung kacer. Semua jenis makanan diatas merupakan pakan yang cocok untuk diberikan pada burung kacer.

Namun, bila ada pertanyaan mengenai makanan burung kacer, jangan ragu untuk komen di kolom komentar yah!

Oh ya, kami akan senang bila ada masukan yang berupa saran dan kritik dari kalian, karena hal itu akan sangat membantu dalam mengembangkan website ini.

Sekian dari kami dan mohon maaf bila ada kesalahan dalam bentuk apapun di dalam artikel ini.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan terima kasih sudah berkunjung dan membaca.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.