Makanan Burung Jalak

Dalam memelihara burung jalak, pemilihan makanan burung jalak merupakan hal yang paling penting agar burung cepat gacor dan terjaga kesehatannya.

Kesehatan jalak terjaga karena kebutuhan nutrisi burung jalak terpenuhi dari makanan-makanan yang diberikan oleh pemiliknya.

Karena itulah, si pemilik jalak harus tahu akan kandungan nutrisi dalam makanan yang akan diberikan kepada burung jalak peliharaannya.

Pakan yang cocok akan membuat si jalak akan rajin berbunyi bahkan gacor, dapat meningkatkan kesehatan, dan dapat meningkatkan kualitas telur dari burung jalak betina.

Pada penjelasan dibawah ini, kami akan membahas tentang makanan apa saja yang cocok untuk diberikan kepada burung jalak. Check it out.

Makanan Burung Jalak

Seperti yang telah dijelaskan diatas, jalak akan rajin berkicau bila stamina dan kesehatannya terjaga.

Namun, untuk menjaga kesehatan burung jalak diperlukan gizi-gizi yang terkandung dalam makanan-makanan yang sehat.

Tapi, makanan sehat apa yang mengandung nutrisi-nutrisi yang dapat menjaga kesehatan dan stamina burung jalak.

Untuk itu, silahkan simak ulasan di bawah ini:

#1. Jangkrik

Makanan Burung Jalak
Jangkrik, sumber: avesnesia.com

Di habitat aslinya, burung jalak itu biasa memakan jangkrik, jadi jangkrik juga bisa diberikan kepada jalak yang dipelihara didalam sangkar.

Serangga ini mengandung protein tinggi yang dapat mendorong pertumbuhannya, termasuk pertumbuhan kicauannya, membuat burung menjadi aktif/rajin berkicau dan dapat meningkatkan birahi jalak.

Selain itu, jangkrik juga mengandung asam amino yang dapat membantu pembentukan sel pada burung jalak.

Selain protein, jangkrik juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti hormon steroid, hormon estrogen, karbohidrat dan lemak, yang mana semua kandungan tersebut bagus untuk kesehatan tubuh burung jalak.

Terkait dengan cara pemberian jangkrik ke burung jalak, sebenarnya ada 2 cara yaitu dengan menghilangkan kepala serta kakinya dulu lalu berikan dan cara lainnya yaitu diberikan saja secara langsung kepada si burung seperti di alam liar.

Namun, perlu diketahui juga bahwa pemberian jangkrik pada jalak yang berlebihan dapat membuatnya menjadi over birahi sehingga berdampak buruk bagi kesehatannya.

Jika burung sedang over birahi, maka akan sulit untuk dilatih sehingga tidak mendukung untuk di ikutkan lomba dan dikawinkan.

#2. Belalang

Makanan Burung Jalak
Belalang, sumber: popmama.com

Ketika kamu kesulitan dalam mencari jangkrik, kamu bisa menggantinya dengan belalang untuk diberikan kepada jalak.

Namun untuk jenis belalangnya sebaiknya cari yang berwarna hijau, karena belalang hijau memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dan lengkap. Berbeda dengan belalang hitam dan coklat yang terkadang mengandung racun.

Adapun kandungan nutrisi dalam belalang yaitu protein kasar sebanyak 62%, lemak kasar sebanyak 15,5%, sampai dengan serat kasar sebanyak 12,4%.

Manfaat belalang untuk burung jalak adalah dapat membuat burung menjadi lebih gacor, mencerahkan warna bulu burung (dengan catatan, belalang diberikan secara rutin).

#3. Voer

Makanan Burung Jalak
Voer, sumber: okdogi.com

Voer merupakan makanan burung buatan pabrik yang sering dijadikan sebagai pakan utama oleh para peternak jalak.

Voer berfungsi untuk meningkatkan stamina agar jalak lebih efektif dalam bergerak dan berkicau.

Ada banyak varian yang bisa kamu pilih, sebaiknya pilih yang murah dan yang disukai oleh jalak yang sedang kamu pelihara. Kalau kamu sudah menentukan satu merek voer tertentu, sebaiknya terus menggunakannya jangan mengganti merknya.

Alasannya, jalak bisa stres kalau voernya kerap berganti-ganti yang menyebabkan burung susah gacor.

Selain itu, ada alasan lain yaitu voer yang berbeda merk itu memiliki kandungan protein dalam yang berbeda-beda, sehingga dapat memberikan dampak buruk kepada jalak jika sering berganti-ganti merk voer yang diberikan. حصان سباق

Selain itu, perlu kamu ketahui juga, jangan sampai memberi voer yang kadaluarsa kepada burung jalak, karena bisa menyebabkan bulunya rontok dan memudar serta membuat burung tidak mau bunyi.

Sebagai catatan, kadar protein pada voer yang ideal untuk diberikan kepada burung jalak adalah sekitar 12-18 persen. مستضيف يورو 2022 Selain protein, voer juga harus mengandung lemak, energi metabolisme, serat kasar, mineral, vitamin dan karbohidrat.

Untuk itu, kamu bisa berkonsultasi dengan penjual pakan hewan untuk menentukan merk voer yang cocok untuk burung jalak periaranmu.

#4. Ulat Hongkong

Makanan Burung Jalak
Ulat hongkong, sumber: arenahewan.com

Nah, makanan burung jalak selanjutnya adalah ulah hongkong. Ulat ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung jalak.

Meski begitu, ulat hongkong juga memiliki efek negatif jika diberikan secara berlebihan kepada burung jalak. Karena itulah pemberian ulat hongkong harus dibatasi.

Efek negatif tersebut diantaranya membuat burung menjadi cepat gemuk dan over birahi. Karena ada efek meningkatkan birahi, ulat ini sering digunakan sebagai doping untuk burung akan diperlombakan agar burung jalak berkicau dengan maksimal.

Selain itu, ulat hongkong juga memiliki manfaat lain, yaitu membantu menghangatkan suhu tubuh burung jalak saat musim penghujan.

#5. Kroto

Makanan Burung Jalak
Kroto, sumber: avesnesia.com

Telur semut atau kroto merupakan salah satu makanan burung jalak yang dapat membantu menjaga staminanya.

Makanan ini juga dapat membantu burung jalak untuk meningkatkan rasa birahi dan menjaga suhu panas pada tubuh burung.

Selain itu, kroto juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan burung jalak sperti protein sebesar 8,2% serta lemak dan kalori 2,6%, kemudian ada niacin, vitamin B1, potasium vitamin B2, sodium, zat besi dan ada mineral lainnya.

#6. Cacing Tanah

Makanan Burung Jalak
Cacing tanah, sumber: pixabay.com

Cacing Tanah merupakan makanan burung jalak yang sangat mudah ditemukan di sekitar lingkungan kita seperti di kebun, sawah dan tempat lembab lainnya.

Selain gampang nyarinya, cacing juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan burung jalak seperti protein yang mencapai 72 persen yang baik untuk pertumbuhan dan stamina burung.

Selain itu, cacing ini juga memiliki kandungan asam amino yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu produksi telur untuk jalak betinanya. where buy viagra

#7. Buah-buahan

Makanan Burung Jalak
Buah-buahan, sumber: pixabay.com

Selain dari hewan, burung jalak juga makan makanan dari buah-buahan. Buah-buahan juga baik untuk kesehatan burung karena buah itu memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral.

Tapi, perlu diingat ya, pastikan buah yang akan diberikan kepada jalak harus dalam kondisi segar karena jalak nggak mau makan buah yang sudah busuk. Selain itu, buah yang busuk juga dapat menyebabkan burung terkena penyakit.

Jadi, jika buah kamu berikan tidak dimakan setelah 2 hari, sebaiknya kamu langsung menggantinya dengan yang lebih segar. xbet

Pemberiannya juga tidak perlu setiap hari, cukup tiga kali dalam satu minggu. Jenis buah yang diberikan harus bervariasi dan diberikan secara berselang-seling, hal itu dilakukan untuk menghindari kebosanan jalak.

Adapun jenis buah-buahan yang dapat diberikan kepada jalak adalah:

A. Pisang

Makanan Burung Jalak
Pisang dan pohonnya, sumber: avesnesia.com

Jenis buah pertama adalah buah pisang. Semua jenis buah pisang dapat diberikan kepada burung jalak karena dapat membantu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan asupan kebutuhan vitamin dalam tubuh burung.

Selain itu, pisang juga dapat digunakan sebagai sumber energi burung jalak untuk membuatnya bangkit dari kelelahan dan menjaga staminanya.

Ada salah satu jenis pisang yang sangat direkomendasikan untuk diberikan kepada jalak, pisang itu adalah pisang kepok, yang memiliki daging buah berwarna putih.

Kenapa pilih pisang kepok? Karena, kandungan nutrisi dalam pisang ini sangat lengkap, yaitu:

  • Karbohidrat kompleks, sebagai sumber energi burung dan mencegah burung menjadi kurus atau nyilet.
  • Protein, menjaga kesehatan tubuh.
  • Serat, yang dapat membantu proses pencernaan makanan.
  • Kalium, dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang.
  • Zat besi, membentuk hemoglobin.
  • Vitamin A, menjaga kesehatan mata.
  • Vitamin C, meningkatkan imun.

Selain itu, pisang kepok juga dapat meningkatkan kecerdasan jalak yang berdampak positif pada kemampuan berkicaunya.

B. Pepaya

Makanan Burung Jalak
Pepaya, sumber: kompas.com

Buah pepaya juga bisa menjadi alternatif lain untuk makanan burung jalak, karena kandungan nutrisinya yang mirip dengan pisang.

Apalagi, pepaya mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan dapat membantu memperlancar pencernaan burung.

Selain itu, pepaya juga dapat menjaga kesehatan tulang, mengurangi birahi, mencegah dehidrasi karena kandungan airnya yang tinggi, hingga mempercepat penyembuhan luka.

Adapun untuk jenisnya, semua jenis pepaya di sukai oleh burung jalak. Jadi, tidak ada jenis pepaya khusus yang yang terpenting pepaya sudah matang dan tidak busuk.

C. Apel

Makanan Burung Lovebird
Buah apel merah, sumber: pixabay.com

Selain pisang dan pepaya, ada juga buah lain yang bisa diberikan kepada burung jalak, buah itu adalah apel.

Pemilik jalak biasanya lebih memilih apel merah dibandingkan apel hijau. Hal itu disebabkan oleh apel merah yang bertekstur lebih lunak dan lebih manis rasanya dibandingkan apel hijau.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam apel merah lebih banyak daripada apel hijau, kandungan -kandungan tersebut adalah Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, dan Vitamin B kompleks.

Dan semua vitamin tersebut berguna untuk meningkatkan stamina dan mengembalikan tubuh agar kembali prima secara cepat, sehingga sering digunakan saat lomba.

Selain itu, apel juga memiliki manfaat lain, yaitu dapat membantu mencegah obesitas pada jalak dan mencegah suaranya serak.

Penutup

Demikianlah yang bisa kami sampaikan, pakan diatas merupakan pakan yang cocok untuk diberikan pada burung jalak. Jenis-jenis makanan diatas juga sudah banyak digunakan oleh para pemilik burung jalak.

Namun, bila ada pertanyaan mengenai makanan burung jalak, jangan ragu untuk komen di kolom komentar yah! Oh ya, kami akan senang bila ada masukan yang berupa saran dan kritik dari kalian, karena hal itu akan sangat membantu dalam mengembangkan website ini.

Sekian dari kami, mohon maaf bila ada kesalahan dalam bentuk apapun. Semoga bisa bermanfaat ulasan kali ini, dan terima kasih sudah membaca.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.