Makanan Burung Hantu

Makanan Burung Hantu – Burung hantu merupakan salah satu burung yang banyak dipelihara di Indonesia, tidak seperti burung lain yang dipelihara karena suara dan bentuk nya. Burung banyak diminati karena keunikanya dan bahkan ada yang memanfaatkannya untuk jadi pembasmi hama.

Dengan mengunjungi halaman ini pastinya kamu ingin mengetahui apa saja sih makanan yang biasa dimakan oleh burung hantu. Nah karena itu, kali ini saya sudah menyiapkan ulasan tentang makanan burung hantu yang bisa kamu ketahui.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak makanan apa saja makanan apa saja yang biasa dimakan oleh burung hantu. Serta tips untuk memberi makan burung hantu yang kamu pelihara berikut ini.

Makanan Burung Hantu Yang Wajib Kamu Coba

Burung hantu dikenal sebagai burung karnivora atau burung yang memakan daging. Jenis burung ini biasa memakan seperti hewan kecil, serangga, daging, dan lainya. Burung hantu juga dikenal sebagai burung yang aktif pada malam hari, terutama untuk berburu mangsa. اين انتقل كريستيانو رونالدو

Hewan ini memiliki memiliki kemampuan yang sangat baik, apalagi caranya untuk mendapat mangsa (keren pokoknya!). Burung ini memiliki mata yang tajam meski digunakan dalam kegelapan malam, serta kemampuan terbang tanpa suara.

Selain itu, burung ini juga memiliki paruh yang kuat untuk mengoyak daging,  serta sepasang kaki yang mampu mencengkeram mangsanya dengan kuat. Sebagai burung predator pastinya kemampuan yang dimiliki sudah lengkap untuk digunakan berburu.

Setiap jenis memang memiliki ciri khas tertentu yang bisa jadi berbeda antara satu dengan lainya. Tapi untuk makanannya, hampir setiap burung hantu bisa memakan hewan apa saja yang bisa ia makan. Mungkin yang jadi pembeda hanyalah ukuran dan habitat tempat tinggal dari burung hantu itu sendiri.

Nah jika kamu masih mencari makanan yang cocok untuk burung hantu yang kamu pelihara. Saya sudah siapkan beberapa rekomendasi hewan yang bisa kamu jadikan pakan burung hantu. العب طاولة 31 Yuk simak ulasanya berikut ini.

1. Tikus

Makanan Burung Hantu

Tikus merupakan salah satu mangsa favorit bagi burung hantu, ini karena tikus sering dijumpai sebagai hama di kebun. Populasinya sangat banyak, ini lah alasan kenapa burung hantu menjadi pembasmi hama tikus.

Jika ingin menggunakan tikus sebagai makanan burung ini, kamu bisa menggunakan jenis tikus anakan atau tikus putih sesuai dengan jenis burung hantu yang kamu pelihara. Kamu bisa menggunakan tikus untuk makanan hampir setiap jenis burung hantu.

2. Jangkrik

Jangkrik adalah salah satu makanan alami untuk burung hantu yang ada di habitat aslinya. Kamu bisa menggunakan jangkrik untuk makanan harian dari burung hantu peliharaan mu. Kamu juga bisa menggunakan jangkrik untuk hampir setiap jenis burung hantu.

Jangkrik juga dikenal sebagai makanan hewan peliharaan yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan burung hantu. Jika kamu ingin menggunakan jangkrik, pisahkan dulu sayap dan kaki agar jangkrik tidak kabur.

3. Belalang

Sama halnya jangkrik, belalang juga bisa kamu jadikan makanan untuk burung hantu. Untuk kandungan nutrisi nya sendiri cukup, kamu juga mudah mendapatkan nya karena jumlahnya melimpah. Kamu bisa mencari belalang di daerah sekitar rumahmu.

Belalang sangat baik untuk dijadikan makanan burung hantu yang berukuran kecil seperti burung hantu celepuk gunung dan burung hantu oriental bay. Sebelum memberikan makan burung hantu, pisahkan dulu kaki dan sayap agar belalang tidak bisa kabur.

4. Daging Untuk Makanan Burung Hantu

Kita sudah mengetahui jika daging merupakan makanan yang menjadi sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Dan begitu pula dengan burung hantu sebagai burung karnivora, tentunya daging sangat baik untuk burung hantu.

Kamu bisa menggunakan daging ayam atau daging sapi yang masih segar. Kamu bisa menggunakan daging utuh kepada burung hantu besar seperti buffy fish owl, strix seloputo dan lain sebagainya. Hal ini agar burung hantu bisa mengoyak daging agar tetap terbiasa.

Untuk yang ukuran kecil, kamu bisa memotongnya menjadi bagian bagian kecil agar lebih mudah memakannya. Kamu bisa menggunakan daging untuk makanan hampir semua jenis burung hantu. entropay forum viagra en ligne

5. Ikan

Sama seperti daging, ikan juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan dari burung hantu. ikan mengandung protein serta omega 3 yang berperan penting untuk tumbuh kembang burung hantu. Di Habitat aslinya, tak jarang burung hantu menyambar ikan untuk dimakan.

Karena khasiat dari ikan yang baik menjadi salah satu rekomendasi pakan untuk burung hantu yang kamu berikan. Untuk penggunaan ikan, kamu bisa menjadi memotong dulu ikan atau bisa juga memberi burung hantu ikan yang masih utuh.

6. Kumbang Besar

Jika disekitar rumahmu banyak kumbang liar, itu bisa kamu manfaatkan untuk pakan burung hantu. Burung ini memang sering memakan serangga semacam kumbang dan lainya. Kumbang sangat cocok untuk kamu jadikan makanan burung hantu celepuk dan burung hantu berukuran kecil lainya.

7. Ngengat

Makanan Burung Hantu

Sama dengan kumbang di atas, kamu juga bisa memanfaatkan ngengat untuk pakan burung hantu. Ngengat juga tidak terlalu susah untuk dicari di sekitarmu rumahmu (kalau masih ada si hehe). Ukurannya juga cukup besar, kamu cukup memisahkan kaki dan sayapnya agar tidak kabur.

8. Anakan Burung

Kamu bisa menggunakan jenis makanan ini sebagai makanan pengganti agar burung hantu yang kamu pelihara tidak bosan dengan makanan yang kamu berikan secara rutin. Dengan memberikan anakan burung kamu juga bisa menjaga insting alami dari burung hantu.

Kamu bisa menggunakan anakan burung pipit, burung puyuh, atau bisa juga menggunakan anak ayam. Berikan cukup 1-2 kali dalam seminggu dan sebanyak 2-3 ekor saja. Jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan burung hantu ketagihan.

9. Katak

Sama dengan ikan katak merupakan pakan alami dari burung hantu saat di alam liar. Burung hantu sering berburu katak yang berada di dekat sungai. Katak cocok untuk dijadikan makanan untuk burung hantu barn, beluk jampuk, dan semacamnya.

10. Ulat Hongkong

Ulat hongkong menjadi salah satu rekomendasi pakan terbaik yang bisa kamu berikan kepada burung hantu peliharaan mu. jenis ulat ini memang menjadi salah satu pakan terbaik untuk berbagai macam hewan peliharaan.

Kandungan nutrisi yang ada pada ulat hongkong sangat melimpah, terutama kandungan proteinnya. Meskipun seperti itu, harga dari ulat hongkong murah. Kamu bisa menjadikan ulat hongkong sebagai makanan burung hantu sehari-hari.

Tips & Trik memberi makanan Burung Hantu

Makanan Burung Hantu

Untuk kamu yang ingin memelihara burung hantu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memberi mereka makan. Untuk memberi makan burung ini, utamakan memilih makanan berupa hewan yang masih hidup.

Ini bertujuan agar insting alami sebagai predator dari burung hantu tetap terjaga. Dan dengan menggunakan pakan hidup, Nafsu makan dari burung hantu bisa tetap stabil.

Selain itu pakan hidup juga lebih aman untuk kesehatan dibanding menggunakan hewan mati yang dalam tubuhnya sudah terdapat senyawa kimia yang bisa berbahaya untuk burung ini.

Untuk porsi makannya juga harus diperhatikan, mungkin jika kamu memelihara burung hantu di tempat terbuka. Kamu sudah tidak perlu repot memperhatikan porsi dan jenis pakan apa saja yang dimakan karena burung hantu itu sendiri yang akan menentukan.

Tapi tidak dengan orang yang memelihara burung hantu di dalam kandang, penting sekali untuk memperhatikan porsi makan yang kamu berikan, karena ini penting dan tentunya berdampak banyak bagi burung yang kamu pelihara.

Kamu harus memberi nya makan yang cukup serta teratur. Jangan terlalu banyak karena bisa saja burung hantu malah stres dan menjadi malas gerak. Dan juga jangan terlalu sedikit, burung hantu yang lapar bisa menjadi agresif dan bisa menyerangmu kapan saja.

Tentukan juga makanan apa saja yang cocok sesuai ukuran dari burung hantu yang kamu pelihara. Dan yang terpenting adalah jaga kebersihan kandang burung hantu agar burung yang kamu pelihara bisa tetap sehat.

Penutup

Perlu kamu tahu meski burung hantu sering dijadikan sebagai burung peliharaan karena keunikannya, burung hantu tetaplah predator yang memiliki insting alami. Kamu harus mengenalnya, apalagi jika menyangkut makanan nya.

Saat memelihara nya pastikan kalau burung hantu mu mendapat makanan yang cukup, karena hal ini akan berdampak juga pada kelangsungan hidup dari burung hantu yang kamu pelihara.

Sekian yang bisa saya sampaikan, kamu bisa memberikan saran atau kritik mu di kolom komentar. Semoga postingan ini bisa berguna untuk kamu, terima kasih sudah mengunjungi dan membaca postingan faunanesia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.