Makanan Burung Elang

Pemilihan makanan burung elang merupakan faktor yang penting saat memelihara elang. Sebab, burung ini dikenal sebagai predator teratas di rantai makanan, sehingga terbiasa berburu makanan sendiri setiap hari di alam bebas.

Sehingga saat dipelihara, makanan yang diberikan harus sesuai dengan selera burung elang yang pilih-pilih.

Selain itu, kamu juga harus memilih makanan dengan memperhatikan kandungan nutrisinya agar kesehatan burung elang terjaga.

Apalagi predator berparuh runcing ini cukup ketat dalam pemeliharaannya agar tidak mudah sakit, termasuk dalam urusan makanan.

Nah, daging apa saja yang bisa dijadikan sebagai makanan burung elang agar cepat jinak? Silahkan simak ulasan berikut ini:

Makanan Burung Elang

Melatih burung elang yang dipelihara agar mau memakan apa yang kita berikan dengan cara yang unik dilakukan memang butuh keahlian dan kesabaran.

Sebab, elang adalah hewan karnivora, sehingga makanan utamanya berupa daging hewan. Selain itu, elang terbiasa berburu sendiri sehingga agak pilih-pilih makanannya.

Namun, kamu juga bisa memberikan daging yang bervariasi sehingga vitamin serta nutrisi yang didapatkan oleh elang beragam.

Burung elang tidak perlu diberi makan setiap hari, cukup diberi makan sekali dalam dua hari. Selain itu, pemberian makanan burung elang agar cepat jinak dilakukan dengan cara menyuapinya.

Nah, daging hewan apa saja yang bagus untuk diberikan kepada elang. Silahkan simak penjelasannya di artikel berikut ini:

#1. Daging Unggas

Makanan Burung Elang
Unggas

Secara umum, elang itu membutuhkan daging agar terjaga kesehatannya. Daging unggas merupakan salah satu daging hewan yang sering diberikan kepada elang. bayer levitra 20 mg

Nah, unggas apa saja yang dagingnya sering diberikan kepada elang:

A. Daging Ayam

Makanan Burung Elang
Daging ayam

Daging ayam mengandung sumber protein yang baik untuk tulang dan otot sehingga baik untuk burung elang.

Selain itu, daging ayam mengandung selenium yang memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk melindungi kerusakan tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sehingga daging ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memastikan fungsi normal dari kelenjar tiroid.

Daging ayam juga mengandung fosfor yang sangat penting untuk pembentukan serta perawatan paruh dan tulang burung elang.

B. Daging Burung Merpati

Makanan Burung Elang
Daging burung merpati

Burung merpati dapat dijadikan makanan burung elang agar jinak, sebab daging merpati ini miliki kandungan lemak yang cukup tinggi yang berfungsi sebagai sumber energi.

Selain itu, daging merpati juga mengandung protein yang tinggi sehingga bisa menyehatkan tubuh burung dan menjinakkannya.

Daging ini juga mengandung kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang dan paruh burung elang.

Selain nutrisi diatas, daging merpati juga mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti

Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Zat besi, dan Magnesium yang bagus untuk kesehatan burung elang.

C. Daging Bebek

Makanan Burung Elang
Daging bebek

Kamu juga bisa memberi elang dengan daging bebek, sebab bebek juga bagus untuk kesehatan elang.

Meski demikian, jangan terlalu banyak memberikan daging bebek, sebab kandungan lemak di dalam bebek sangat tinggi sehingga bisa membuat burung elang lesu

D. Daging Burung Pipit atau Burung Gereja

Makanan Burung Elang
Daging burung pipit

Pilihan lainnya, kamu bisa memberi elang dengan daging burung pipit atau burung gereja sebagai kombinasi pakan elang.

Burung ini dipakai karena cukup mudah didapat, terutama di pasar burung terdekat. Selain itu, harga pakan ini pun cukup murah, sekitar seribu rupiah untuk satu ekor.

#2. Daging Ikan

Makanan Burung Elang
Ikan

Selain daging unggas, ada daging hewan lain yang bisa kamu berikan kepada elang, misal daging ikan.

Daging ikan segar biasa digunakan sebagai alternatif maupun kombinasi makanan burung elang.

Bahkan daging ikan bisa dijadikan sebagai makanan utama oleh beberapa jenis burung elang seperti jenis elang botak (Bald Eagle).

Adapun jenis ikan yang sering diberikan kepada elang adalah:

A. Ikan Salmon

Makanan Burung Elang
Ikan salmon

Ikan salmon mengandung sumber protein yang cukup tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan burung elang.

Selain itu, ikan salmon juga mengandung lemak yang berguna sebagai sumber energi burung elang.

Ikan salmon juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, kalsium dan fosfor yang sangat penting untuk pembentukan serta perawatan paruh dan tulang burung elang. العب واربح المال

Selain itu, ikan salmon juga mengandung vitamin A, B dan D serta memiliki zat besi yang bagus untuk kesehatan tubuh elang.

B. Ikan Haring (Ikan Herring)

Makanan Burung Elang
Ikan haring

Selain salmon, ikan haring juga dapat diberikan kepada elang. Ikan ini memiliki lemak yang tidak terlalu tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi oleh elang.

Ikan haring juga mengandung protein yang bagus kesehatan elang. Selain itu, ikan haring juga mengandung selenium yang memiliki sifat antioksidan, sehingga berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Ikan herring juga memiliki kandungan vitamin A, B, C, D dan E yang bagus untuk kesehatan mata, dapat meningkatkan imun tubuh dan menguatkan tulang. 888 casino عربي

C. Ikan Lele

Makanan Burung Elang
Ikan lele

Ikan lele juga bagus jika dijadikan sebagai makanan burung elang. Ikan ini bagus untuk elang karena mengandung vitamin B12, protein, fosfor, kalium dan selenium.

Selain itu, lele juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat memperkuat imun tubuh, mencegah stres, menjaga kesehatan mata, meningkatkan fungsi otak dan dapat menguatkan tulang serta sendi burung.

#3. Serangga dan Ulat atau Cacing

Makanan Burung Elang
Cacing tanah

Selain unggas dan ikan, kamu juga bisa menggunakan pakan lain seperti serangga, hewan-hewan kecil, ataupun ulat dan cacing untuk menghemat uang untuk membeli pakan.

Serangga yang biasa diberikan untuk burung elang adalah jangkrik atau kecoa. Untuk ulat atau cacing, biasanya burung elang diberi cacing putih.

Namun saat memberi cacing putih, hati-hati ya. Sebab cacing putih itu mengandung zat kapur yang cukup tinggi yang buruk untuk kesehatan elang.

Sebab zat kapur dapat menurunkan vitalitas burung elang sehingga berdampak buruk pada kesehatan burung.

#4. Daging lainnya

Makanan Burung Elang
Daging kelinci

Tidak hanya daging ikan dan unggas yang bisa diberikan kepada burung elang, kamu juga bisa memberi elang dengan daging hewan lain.

Daging yang biasa diberikan kepada elang berasal dari hewan seperti kelinci, tikus putih, daging kambing, atau daging sapi.

Pemberian daging yang beragam dapat melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh burung elang untuk menjaga kesehatannya. اون لين Jadi, burung akan aktif jika kesehatannya terjaga.

Namun, kamu harus mengatur komposisi yang tepat dari kandungan gizi didalam masing-masing daging tersebut.

Sebab, kesehatan burung akan terganggu jika nutrisi burung elang tidak seimbang karena pemberian daging yang sembarangan.

Penutup

Demikianlah yang hanya bisa kami sampaikan. Namun, bila ada pertanyaan mengenai makanan burung elang, jangan ragu untuk komen di kolom komentar yah!

Oh ya, kami akan senang bila ada masukan yang berupa saran dan kritik dari kalian, karena hal itu akan sangat membantu dalam mengembangkan website ini.

Sekian dari kami. Apabila ada kesalahan dalam bentuk apapun di dalam artikel ini, kami mohon maaf. Semoga bisa bermanfaat ulasan kali ini, dan terima kasih sudah membaca.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.