Jenis Jenis Kelinci

Jenis Jenis Kelinci – Kamu pastinya sudah mengenal dekat dengan hewan imut yang satu ini. Dengan telinga panjang serta tingkah laku lucunya tentu dapat membuat kita gemas walaupun itu baru pertama kali pandang.

Hewan lucu dan menggemaskan sangat cocok untuk menjadi peliharaan yang menemani sepimu di rumah. Perlu kamu tahu ada banyak sekali jenis kelinci yang ada di dunia, seperti yang akan saya bahas di bawah ini.

Yuk simak berbagai macam jenis kelinci yang wajib kamu ketahui berikut ini.

Mengenal Berbagai Macam Jenis Kelinci di Dunia

Jenis kelinci

Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan favorit karena tampilan dan tingkah lakunya yang memiliki karakteristik unik tersendiri. Kelinci juga banyak diternakan oleh para breeders di berbagai belahan dunia karena kegunaan dan manfaat yang dimiliki oleh kelinci.

Kita sudah mengenal pastinya beberapa jenis kelinci hias, Dan seperti namanya ini merupakan varietas kelinci yang biasa dipelihara dirumah. Tapi apa kamu kalau ada kelinci yang dibudidayakan untuk dimanfaatkan dagingnya?

Kalau yang ada di Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan olahan-olahan masakan yang berbahan dasar dari kelinci. Seperti yang sudah banyak ada dipasaran adalah sate kelinci dan sebagainya.

Seperti yang saya jelaskan diatas, ada 2 jenis kelinci yang dibagi berdasarkan kegunaanya yaitu kelinci hias dan kelinci pedaging. Dan semua itu sudah saya siapkan dalam rangkuman jenis jenis kelinci pada postingan kali ini. يورو ٢٠٢١

Untuk mengetahui selengkapnya, mari simak ulasan berikut tentang jenis kelinci yang ada di dunia ini yang harus kamu ketahui berikut ini.

Jenis Kelinci Hias (Peliharaan)

Kelinci hias sudah dikenal dengan ciri khas lucu dan menggemaskan, sehingga membuat orang tertarik untuk memeliharanya. Ada banyak sekali varietas kelinci yang ada dunia ini, dan setiap jenis kelinci yang ada pasti memiliki satu atau lebih ciri khas yang berbeda antara jenis kelinci satu dan yang lainya.

Untuk lebih jelasnya, ada beberapa jenis kelinci hias yang sudah saya tuliskan pada postingan beserta rangkuman penjelasanya. Silahkan kamu simak ulasan berikut ini.

1. Kelinci Anggora

Jenis kelinci

Kelinci yang berasal dari Ankara Turki ini merupakan salah satu jenis kelinci yang paling banyak digemari oleh para para pecinta kelinci. Dengan bulu yang panjang dan lebat yang menjadi daya tarik tersendiri bagi kelinci jenis ini.

Ada beberapa jenis kelinci anggora sudah ada dan diketahui, berikut diantaranya yaitu kelinci anggora inggris, kelinci anggora perancis, kelinci anggora giant, dan kelinci anggora jerman. Setiap kelinci anggora memiliki ciri khas yang berbeda antara satu sama lain.

Jika kamu tertarik untuk memilikinya, kamu harus benar-benar bisa menjaga dan merawat kelinci ini dengan baik. Selalu perhatikan kebersihan bulu dan kandang dari kelinci yang satu ini, karena kelinci ini sangat rentan terkena penyakit jika kondisi tubuhnya dan lingkunganya kotor.

2. Kelinci Jersey Wooly

Ada juga jenis kelinci jersey wooly yang bentuk dan tampilan fisik nya hampir sama dengan kelinci dwarf anggora. Kelinci ini memang merupakan persilangan antara kelinci anggora perancis dan netherland dwarf.

Seperti dwarf angora, kelinci ini bertubuh kerdil dengan bulu yang menyerupai kelinci anggora. Dengan ciri yang menggemaskan seperti ini, siapa coba yang tidak tertarik untuk memiliki nya.

3. Kelinci Havana

Kelinci Havana

Pada tahun 1908 belanda mengembangkan varietas kelinci hias lagi yang sekarang disebut dengan kelinci havana. Sekarang populasi kelinci ini sudah menyebar hampir ke seluruh tempat di dunia, dan itu pun termasuk Indonesia.

Sama seperti kerabatnya yaitu kelinci dwarf, kelinci havana memiliki tubuh kecil dan pendek. Namun kelinci ini memiliki ciri khas tubuh yang lebih berisi dengan otot dan kelinci jenis ini juga hanya memiliki satu warna saja pada tubuhnya.

Kelinci ini memiliki kelebihan yang terletak pada bulu-bulunya yang halus dan lembut. Kelinci ini juga sangat jinak, sehingga sangat cocok jika kamu ingin memeliharanya. Bisa menjadi teman berupa bola bulu lembut yang sangat menyenangkan bukan.

4. Kelinci Tan

Diketahui bahwa kelinci ini ditemukan pertama kali di Brailsford atau yang biasa disebut dengan Derbyshire pada tahun 1880 oleh Culland Hall. Seperti kelinci kebanyakan kelinci ini memiliki karakteristik yang penakut.

Meski seperti itu kelinci ini tetap diminati oleh banyak orang karena bentuknya yang lucu. 888casino عربي Kelinci ini memiliki ukuran tubuh tidak terlalu besar yang diselimuti oleh bulu halus mengkilap berwarna coklat kemerahan yang menjadi ciri khas tersendiri bagi kelinci ini. Ciri khas lain juga terdapat pada telinga yang tegak ke atas, mata hitam dan postur tubuh yang berbentuk bulat.

5. Kelinci Lop

Kelinci yang berasal dari belanda ini juga merupakan salah satu jenis kelinci hias yang banyak digemari oleh banyak orang. Lop ini  memiliki keunikan yang berbeda dengan jenis kelinci lain yang ada pada telinga nya yang menggantung dari atas kepala sampai ke bawah.

Biasanya kelinci ini memiliki ukuran tubuh sekitar 12-23 cm, kelinci ini juga dikenal karena bentuk hidungnya yang pesek. Jika kamu ingin menjadikan nya hewan peliharaan, perlu kamu ketahui kalau kelinci ini mudah sekali stres pada suatu perubahan.

6. Kelinci Netherland Dwarf

Seperti yang sudah terlihat, kelinci ini merupakan kelinci yang berasal dari belanda. Dengan bentuknya yang mini menjadikan kelinci ini sebagai salah satu kelinci hias yang banyak diminati oleh para pecinta kelinci.

Kelinci jenis ini memiliki ciri khas tubuh mini seperti tubuh yang pendek, kepala bulat, serta leher yang pendek. kelinci ini biasanya memiliki berat tubuh sekitar 1 kg. Karena bentuknya yang lebih kecil dari kelinci lain, membuat kelinci ini terlihat sangat lucu dan menggemaskan.

Selain bentuknya yang kecil, kelinci netherland dwarf ini juga memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Kelinci ini sangat gesit, kamu harus memiliki perhatian lebih saat memelihara kelinci ini karena kelinci ini sangat mudah untuk hilang ataupun dicuri.

7. Kelinci Dutch

Nama kelinci ini diambil dari nama daerah asalnya yaitu yaitu Dutch atau Belanda. Kelinci ini sangat populer dikalangan pecinta hewan khususnya yang menyukai kelinci, kelinci ini merupakan pilihan terbaik kamu jika ingin memelihara kelinci.

Kelinci ini memiliki ciri khas tersendiri yang membuat ia begitu populer. kelinci ini memiliki tubuh mungil dan lucu dengan balutan warna bulu yang bisa bervariasi. Bobotnya hanya sekitar 1,5 kg dan jelas kalau kelinci  ini merupakan salah satu jenis kelinci kerdil.

Kelinci ini dipercayai memiliki kecerdasan tinggi, kelinci ini juga cukup akur dengan sesama maupun dengan sesama jenis kelinci lain. Meski kelinci ini membutuhkan waktu pembiasaan dengan lingkungan baru yang lama, namun jika sudah terbiasa kelinci ini bisa menyenangkan sekali memelihara kelinci ini.

8. Kelinci Satin

Jenis Kelinci

Salah satu jenis kelinci yang berasal dari Amerika serikat ini merupakan kelinci yang bisa dimanfaatkan sebagai peliharaan dan dijadikan olahan masakan. Kelinci yang termasuk dalam jenis ras kelinci besar ini, dan ada beberapa jenis kelinci yaitu california satin, broken satin, siam satin dan chincilla satin.

Kelinci satin memiliki badan yang lebih panjang dari kelinci lain, kepalanya lebar dan leher yang pendek. Tubuh kelinci ini diselimuti dengan bulu yang tebal dan rapat serta warna yang bervariasi.

Salah satu manfaat kelinci adalah selain untuk dikonsumsi ini biasa merupakan penghasil kulit dari kelinci, kelinci ini cukup mudah untuk dipelihara,dan angka kelahiran nya juga cukup tinggi.

9. Kelinci Lionhead

Jenis Kelinci

Ras kelinci lionhead merupakan keturunan dari kelinci anggora inggris, tetapi kelinci jenis ini memiliki bentuk yang berbeda dari pendahulunya. Kelinci ini memiliki bentuk bulu unik yang berbeda dari kelinci anggora lainya.

Seperti namanya kelinci ini memiliki ciri khas yang terletak pada bulu lebat pada bagian leherya, ini lah yang menyebabkan kelinci ini disebut kelinci ekor singa. Kelinci ini memiliki warna putih, abu-abu, coklat, dan lain-lain.

Walaupun kelinci ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan kelinci lain, tetapi kelinci ini memiliki harga yang cukup murah dibanding dengan kelinci lain.

10. Kelinci Hotot

Jenis kelinci

Kelinci yang merupakan salah satu kelinci dari ras netherland, kelinci hotot memiliki ciri tubuh hampir sama dengan kelinci yang berasal dari belanda lainya. Ras kelinci yang berasal dari belanda memiliki ciri khas tubuh yang lebih kecil dari ras kelinci lainya.

Seperti kelinci asal lainnya, kelinci hotot memiliki tubuh kecil dengan dominan satu warna pada tubuhnya (putih, hitam, dan abu-abu). Kelinci ini sangat aktif, karena ini kamu harus menjaga kelinci ini dengan sungguh.

11. Kelinci Harlequin

Perlu kamu tahu, kelinci harlequin bukan lah ras kelinci murni. Kelinci ini ada karena adanya perpaduan warna yang ada pada suatu jenis kelinci. Contohnya seperti harlequin rex, lop, dan anggora. كم عدد ورق الاونو

Intinya jika kelinci yang memiliki warna dan corak yang berbeda adalah ciri dari kelinci ini. Untuk bentuk tubuh biasanya sama tergantung dari asal ras kelinci, dan ini juga berpengaruh pada harga.

Jenis Kelinci Hias (Pedaging)

Selain untuk dipelihara karena ciri khas nya, ada juga kelinci yang dipelihara/dibudidayakan untuk dimanfaatkan dagingnya sebagai olahan masakan. Jadi selain berfungsi untuk hiasan jenis kelinci berikut juga bisa kamu manfaatkan dagingnya nya untuk kamu jadikan olahan makanan yang tentunya tidak kalah dengan olahan daging lainya.

Yuk simak, untuk mengetahui lebih jelas jenis kelinci yang tidak hanya penampilannya saja yang imut tapi juga bisa kamu manfaatkan daging nya untuk kamu masak berikut ini.

1. Kelinci Flemish Giant

 

Kelinci jenis ini merupakan salah satu jenis kelinci dengan ukuran terbesar yang ada di dunia. Jenis kelinci yang berasal dari argentina ini bisa memiliki bobot hingga 13 kg, bahkan sudah pernah tercatat di guinness world records kalau kelinci ini memiliki ada yang memiliki bobot hingga 22 kg.

Kelinci ini sangat cocok dijadikan olahan masakan dari kelinci karena tubuhnya yang memiliki banyak daging. Kamu bisa memeliharanya pada kandang terbuka dengan tempar bernaung kecil untuk kelinci

2. Kelinci Rex

Ada 2 jenis kelinci rex yaitu yaitu kelinci rex standar dan rex mini. Jika ingin memanfaatkan dagingnya, kamu bisa menggunakan rex standar yang bisa memiliki bobot hingga 5 kilo. Sedangkan jika ingin digunakan untuk peliharaan makan coco menggunakan yang mini.

Kelinci ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, tapi kelinci ini memiliki kelemahan pada tidak bisa hidup pada daerah yang panas. Sebab di habitat aslinya kelinci ini biasa hidup pada tempat dengan suhu yang rendah.

3. Kelinci Himalayan

jenis kelinci

Salah satu kelinci dengan ciri khas tubuh yang dibalut dengan bulu berwarna putih dengan warna hitam pada mulut dan ujung pada setiap kakinya. Kelinci ini bisa kamu gunakan untuk dijadikan masakan karena daging nya yang cukup banyak.

Kelinci ini bisa memiliki berat hingga 5 kg, tak heran jika bisa dijadikan kelinci pedaging. Tapi ada juga lo jenis kelinci himalayan yang cocok untuk dijadikan peliharaan dengan ukuran kecil dan berat yang tidak sampai 1 kg  tentunya. Ini merupakan jenis kelinci himalayan mini, kamu bisa mencoba sendiri memelihara kelinci ini.

4. Kelinci English Spot

Kelinci yang sudah dibudidayakan sejak abad 19 ini merupakan kelinci yang memiliki corak warna berupa  bintik-bintik yang ada pada tubuhnya yang berwarna putih. Varietas kelinci ini merupakan hasil persilangan dari kelinci lain.

Selain bintik hitam yang ada pada sekujur tubuhnya, kelinci ini juga memiliki ciri khas pada punggungnya berupa garis yang membentang dari belakang kepala sampai tubuh bagian belakang. Lalu ada pula bulu berwarna hitam yang menutupi kulit pada bagian mata dan mulut.

Walaupun menarik untuk dijadikan kelinci hias karena memiliki corak tubuh yang unik. Tapi, kelinci english spot sebenarnya lebih cocok untuk kamu jadikan kelinci yang akan dijadikan olahan masakan yang sangat lezat.

5. Kelinci New Zealand

Salah satu varietas kelinci yang berasal dari australia ini menjadi salah satu jenis kelinci yang cocok untuk dibudidayakan dan dimanfaatkan dagingnya. Kelinci ini termasuk golongan kelinci yang memiliki tubuh yang besar dengan bobot lebih dari 5 kg.

Kelinci ini memiliki tubuh besar dan ditutupi dengan bulu berwarna putih atau hitam. Bentuk tubuhnya pendek dan melengkung seperti curva. Selain itu dengan produktivitas yang tinggi, kelinci ini bisa menghasilkan lebih dari 10 anak dalam 1 kali hamil.

Karena itu juga, sangat direkomendasikan jika kamu ingin menjadi breeders kelinci. Karena tingkat fertilitas yang tinggi, akan sangat menguntungkan bagimu jika beternak kelinci yang satu ini.

6. Kelinci Chinchilla

Kamu bisa mengetahui jika ada 2 varietas kelinci chinchilla yang ada. Kelinci yang biasa disebut American Chinchilla ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu giant chinchilla dan mini chinchilla. Chinchilla raksasa merupakan persilangan antara kelinci chinchilla standar dan giant flemish.

Giant chinchilla ini biasa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai bahan makanan karena dagingnya yang banyak. Ukuran kelinci giant chinchilla sangat besar, bahkan bisa memiliki berat hingga 8 kg. Kelinci ini biasanya memiliki warna bulu abu-abu gelap dan telinga yang panjang.

7. Kelinci American Sable

Seperti namanya, kelinci merupakan kelinci yang muncul dan pertama ditemukan di Amerika pada tahun 1924 dan baru diakui oleh ARBA pada tahun 1982. Kelinci ini merupakan hasil persilangan dari kelinci chinchilla, kelinci ini bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kelinci hias ataupun kelinci pedaging.

Sama seperti chinchilla, kelinci ini memiliki tubuh yang besar. Tubuhnya diselimuti oleh bulu tebal berwarna coklat atau bisa juga hitam. Dan warna lebih gelap pada bagian wajah serta bagian ujung tubuh lainya.

Kelinci ini memiliki ukuran yang sangat besar, bahkan bobotnya bisa sampai 8 kg lebih. Jika kamu ingin mencari kelinci yang memiliki banyak daging, kelinci inilah salah satu pilihan yang paling cocok.

8. Kelinci Polish

jenis kelinci

Polandia rabbit adalah sebutan untuk kelinci ini, kelinci ini berasal dari Inggris dan pertama kali dipamerkan pada 1884. Kelinci ini merupakan hasil persilangan dari kelinci netherland dwarf dan kelinci himalaya.

Kelinci ini memiliki tubuh yang agak mungil dibanding dengan kelinci pedaging lainya. Bentuk dari kelinci ini hampir menyerupai kelinci netherland dwarf namun lebih besar. Kelinci ini memiliki banyak variasi warna, telinganya tegak dan agak bulat.

Sebagai kelinci pedaging kelinci ini memang memiliki ukuran yang lebih kecil. Tapi meski seperti itu kelinci ini masih memiliki daya tarik yang terletak pada rasa daging nya yang lembut dan harganya lebih murah daripada kelinci berukuran besar.

Penutup

Seperti yang sudah saya bahas diatas kelinci ini memiliki Varietas yang sangat beragam. Ada kelinci yang bentuknya mungil dan sangat lucu, membuat kita gemas untuk memegang dan elus bulunya yang halus itu. Dan ada juga kelinci yang bisa tumbuh dengan ukuran yang sangat besar, lebih besar dibandingkan kelinci yang kita ketahui. prix viagra allemagne

Sekarang kita bisa sama-sama tahu beberapa jenis kelinci yang sudah dikenal di dunia ini. Walaupun masih belum seberapa sih ya, masih banyak lagi varietas kelinci yang bisa kamu ketahui diluar sana. Mungkin bisa kita bahas di lain kesempatan yang akan datang.

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang jenis jenis kelinci, jika ada kesalahan dalam bentuk apapun bisa kamu sampaikan pada kolom komentar. Kamu juga boleh memberikan masukan berupa saran atau kritik dengan tujuan membantu membangun faunanesia menjadi situs yang lebih baik dan tentunya terus bisa bermanfaat.

Terima kasih sudah mengunjungi halaman ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kesalahan pada website ini. Dan semoga website ini bisa bermanfaat bagi kamu yang membaca ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.