Ciri-ciri Kucing Hamil

Ciri-ciri Kucing Hamil – Seekor kucing betina bisa terus bereproduksi dari musim semi hingga awal musim gugur setiap 2-3 minggu. Kehamilan kucing akan berlangsung sekitar 2 bulan lebih 2 minggu.

Nah sebagai pemilik hewan peliharaan, perlu kamu ketahui ciri kehamilan pada kucing supaya selama fase kehamilan tersebut majikan tidak salah dalam merawat si kucing.

Pada kesempatan ini kami akan membahas ciri kucing hamil, baik dari perubahan fisik dan perilakunya.

Ciri-ciri Fisik Kucing Hamil

ciri-ciri kucing hamil

Akan terjadi perubahan fisik yang pasti akan dialami oleh semua kucing hamil. pada minggu ketiga, kehamilan perubahan fisik ini akan akan terlihat jelas.

Sedangkan untuk masa kehamilan kucing yaitu antara 58 hari sampai 63 hari atau sembilan minggu, sebagai waktu rata-rata periode kehamilan pada kucing. Berikut ini beberapa ciri-ciri fisik dari kucing hamil.

Muntah

Muntah juga menjadi salah satu tanda kucing hamil lo. Beberapa kucing betina yang tengah hamil akan mengalami hal ini. Namun tidak usah khawatir dengan hal ini, karena fase ini hanya bersifat sementara dan akan hilang setelah minggu awal kehamilan berlalu.

Nafsu makan kucing yang hamil juga akan berkurang ketika di fase ini. Dari perubahan serta lonjakan hormon pada kucing yang hamil, ada kemungkinan kucing hamil akan merasa kelelahan.

Bulu Rontok

Kucing yang sedang hamil akan mengalami kerontokan pada bulunya, hal ini terjadi karena meningkatnya hormon pada kulit kucing sehingga kulit mereka menjadi berminyak.

Namun kamu tidak usah panik dan khawatir, karena ini hanya berlangsung kurang lebih selama 1 hingga 2 minggu saja dan merupakan hal yang wajar.

Nafsu Makan Meningkat

Kucing yang sedang hamil nafsu makannya akan lebih meningkat dibanding sehari-harinya saat tidak hamil, karena ketika hamil si kucing sangat membutuhkan asupan nutrisi yang baik.

Bukan hanya untuk si induk kucing saja tetapi juga untuk janin calon bayi kucing yang tengah dikandung. Dari banyaknya makanan yang dikonsumsi si induk kucing 20% sampai 50% nya dikonsumsi bayi yang ada didalam perut.

Penambahan Berat Badan

Karena bertambahnya nafsu makan yang tentunya juga berat badan si kucing juga akan terus meningkat. Pada umumnya berat badan kucing hamil akan bertambah sekitar 1 sampai 2 kg selama masa kehamilannya, tergantung dengan jumlah anak kucing yang ada di dalam perutnya. الكرابس viagra temoignage site:forum.doctissimo.fr

Perut Membesar

Ciri yang paling mudah dikenali pada kucing yang sedang hamil adalah perutnya yang membesar dan akan bertambah besar seiring usia kandungannya sampai waktu melahirkan. Umumnya perut kucing yang membesar akan terlihat ketika masuk usia 5 minggu kehamilan.

Dengan hal ini justru akan membuat kucing menjadi lebih menggemaskan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada anak kucing yang belum lahir, lebih baik tidak menyentuh perutnya secara berlebihan.

Perubahan Warna Puting Susu

Saat kucing hamil akan muncul ciri-ciri, yaitu puting susunya membesar dengan warna yang lebih cerah, yakni warna merah muda hal ini biasanya disebut dengan pinking up. Ciri ini muncul saat memasuki kehamilan 2 sampai 3 minggu.

Ciri-ciri Berdasarkan perilaku

ciri kucing hamil berdasarkan perilaku

Tidak hanya dari ciri fisik saja, kamu juga bisa mengetahui ciri kucing yang tengah hamil melalui perubahan perilakunya. Berikut ini adalah ciri perubahan berdasarkan perilaku kucing yang sedang hamil.

Lebih Sering Tidur

Perubahan pada kucing yang sedang hamil, yaitu lebih sering tidur dibanding sebelum hamil. Tetapi, saat usia kehamilan kucing sudah tua, Si kucing akan mulai berjalan-jalan kesana kemari untuk mencari tempat melahirkan yang nyaman. Yang nantinya akan menetap untuk beberapa saat bersama bayi-bayinya.

Kasih Sayang Meningkat

Si kucing yang tengah hamil, kasih sayangnya kepada sang pemilik akan meningkat dengan sering mencari perhatian pada pemilik. Sebagai pemilik jangan menganggap hal ini sepele, ya. Luangkan waktu untuk memberi perhatian kepada si kucing.

Lebih Manja

Ketika kucing sedang hamil perilakunya akan menjadi lebih manja serta lebih lembut. Biasanya si kucing akan tiba-tiba datang pada sang pemelihara, dia akan mengelilingi si pemelihara dan minta di elus-elus dengan lemah lembut.

Tetapi, juga ada beberapa tipe kucing yang ketika hamil dan melahirkan akan terlihat gelisah dan menyendiri. لعبة تركس Jadi sebagai pemelihara harus memahami serta memberi kenyamanan pada sikucing yang tengah hamil.

Periode Kehamilan Pada Kucing

periode kucing hamil

Selain mengenali ciri-ciri kehamilan kucing, kamu juga perlu mengetahui periode kehamilan pada kucing. Sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas, bahwa kehamilan kucing pada umumnya akan terjadi dalam waktu 58-63 hari, atau sekitar 9 minggu.

Nah, dalam periode tersebut ada beberapa ciri ciri kucing hamil satu minggu sampai ciri ciri kucing hamil tua yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pada saat minggu pertama dan minggu kedua: Belum terlihat adanya tanda kehamilan pada kucing.
  • Di minggu ketiga: Akan terlihat tanda kehamilan yang terlihat jelas oleh mata, yaitu puting susu pada kucing akan berwarna lebih merah.
  • Minggu keempat: Mulai terlihat puting dan perut yang mulai membesar diikuti dengan nafsu makan yang meningkat.
  • Pada minggu kelima dan keenam: Akan terjadi perubahan sikap kucing yang menjadi lebih manja serta malas untuk beraktivitas seperti biasanya. Pada usian kehamilan minggu ini janin atau fetus yang ada di dalam perut sudah bisa diraba. العب وربح
  • Minggu ketujuh: Di usia kehamilan pada minggu ini, seiring dengan perkembangan janin yang semakin membesar akan membuat tekanan pada kandung kemih, sehingga kucing akan menjadi sering buang air kecil. Hal ini sama dengan yang terjadi pada manusia.
  • Di minggu kedelapan: Pada kehamilan minggu ini si kucing sudah mulai mencari tempat untuk melahirkan yang nyaman. Sebagai pemilik kamu bisa membantunya memberikan tempat yang tenang serta nyaman.
  • Minggu kesembilan: Minggu ini adalah minggu terakhir kehamilan kucing. Nah, pada usia kehamilan minggu ini sebagai pemilik kamu harus melakukan pemantauan untuk melihat tanda-tanda kelahiran.
  • Berikut ini ada beberapa tahapan saat kucing melahirkan:
    • Tahap 1: Kucing yang hendak melahirkan akan mengalami penurunan suhu tubuh, sekitar 37°C-38°C. Bukan hanya itu saja, tetapi kucing juga kan mengalami penurunan nafsu makan, lebih sering menjilat area kelamin, serta lebih banyak berdiam diri di tempat yang dipilih untuk proses melahirkan yang nyaman.
    • Tahap 2: Terjadi kontraksi, selaput pelindung janin akan terlihat keluar dari kelamin yang tampak seperti balon transparan berisi air. Lalu bayi kucing yang ada di dalam perut akan terdorong keluar.
    • Tahap 3: Setelah bayi kucing keluar, kemudian akan disusul dengan plasenta. Si induk kucing akan memakan plasentanya sendiri sebelum mengeluarkan bayi kucing selanjutnya.

Itulah ciri-ciri dari kucing hamil muda sampai ciri-ciri kucing hamil mau melahirkan, mulai dari perubahan fisik dan perilaku yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui apakah kucing betina peliharan kamu sedang hamil atau tidak.

Sekian dari kami, terimakasih sudah berkunjung dan samapi jumpa diartikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.