Cara Memandikan Kelinci

Cara Memandikan Kelinci – Kelinci adalah hewan lucu yang biasa hidup berdampingan dengan manusia, selain anjing dan kucing. Ada dua jenis kelinci, kelinci yang dikonsumsi dan kelinci yang dijadikan hewan peliharaan.

Banyak masyarakat yang senang memelihara kelinci karena bulunya yang indah dan halus, sangat mengemaskan. Agar bulu kelinci tetap terjaga keindahannya, diperlukan perawatan yaitu dengan memandikan kelinci. ou acheter du viagra vegetal

Sebelum memandikan kelinci ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sampai tahap-tahap memandikan kelinci, yang akan kami ulas secara lengkap pada artikel berikut ini. Yuk simak selengkapnya.

Pilih Waktu yang Tepat Ketika Memandikan Kelinci

Perhatikan waktu yang tepat sebelum memandikan kelinci. Hal ini sangat penting karena kelinci termasuk hewan yang sensitif.

Waktu yang tepat untuk memandikan kelinci adalah saat pagi hari antara pukul 7-10 pagi, karena setelah dimandikan di waktu ini kelinci masih bisa dijemur dibawah sinar matahari.

Tapi perlu diingat bahwa kelinci bisa stres apabila kepanasan, jadi jemur kelinci secukupnya saja jangan berlebihan.

Perlengkapan yang Digunakan Untuk Memandikan Kelinci

Sebelum memandikan kelinci kesayanganmu, yang pertama perlu kamu siapkan terlebih dahulu perlengkapan yang akan digunakan nantinya.

Apa saja sih perlengkapan yang akan digunakan untuk memandikan kelinci? Perlengkapan yang akan digunakan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Bak mandi, yang akan digunakan sebagai penampung air ketika memandikan kelinci.
  • Air hangat, yang akan dipakai untuk memandikan kelinci adalah air hangat. karena kelinci tidak bisa jika mandi menggunakan air dingin.
  • Shampo, Carilah shampo yang memang khusus digunakan untuk hewan.
  • Sisir, dipakai untuk menyisir agar bulu yang kusut kembali halus.
  • Cotton bud, untuk membersihkan kotoran yang ada pada telinga kelinci.
  • Baby Oil, yang akan diteteskan pada cotton bud untuk membersihkan telinga.
  • Kapas, dipakai untuk menutup telinga kelinci ketika dimandikan.
  • Gunting kuku, Untuk memotong kuku-kuku tajam kelinci.
  • Handuk, untuk mengeringkan badan kelinci setelah mandi.
  • Hairdryer, untuk membantu mengeringkan bulu kelinci yang masih basah.

Cara Memandikan Kelinci yang Benar

Setelah semua perlengkapan sudah disiapkan kamu bisa mulai memandikan kelinci. Adapun tahapan-tahapan untuk memandikan kelinci, sebagai berikut:

1. Siapkan Air

Siapkan air hangat dalam wadah yang digunakan untuk memandikan kelinci. Kenapa air hangat? Karena perlu kamu ketahui bahwa kelinci termasuk hewan sensitif yang mudah terserang hipotermia (Suhu tubuh yang menurun drastis).

Bukan hanya  itu saja, kelinci juga bisa mengalami trauma  saat tumbuhnya terkena air. panathinaikos اي دوري Jika trauma yang dialami menimbulkan shock berlebihan, itu bisa berakibat fatal pada nyawa kelinci.

2. Menyiram Badan Kelinci

Cara memandikan kelinci
Sumber: rahasiabelajar.com

Untuk menghindari terjadinya trauma pada kelinci, ada beberapa tips diantaranya:

  • Tips yang pertama kamu bisa menggunakan handuk, kemudian basahi dengan air panas. Setelah itu, letakkan handuk tersebut di dasar bak mandi. Hal ini  dilakukan untuk membuat kelinci tetap merasa tenang.
  • Gunakan kapas untuk menutup telinga kelinci supaya tidak kemasukan air. Kemudian siram badan kelinci dari belakang ke arah depan secara perlahan-lahan hingga seluruh tubuh kelinci basah

3. Beri Shampo

Cara memandikan kelinci
Sumber: hobibinatang.com

Gunakan shampo khusus untuk hewan, dengan shampo khusus ini mampu membersihkan serta menghaluskan bulu juga mencegah iritasi pada kulit kelinci.

Kelinci memiliki kulit yang sangat sensitif, jadi jangan sampai salah memberikan shampo yang tepat untuk kelinci. Oh iya ingat ya!! hindari menggunakan shampo yang biasa dipakai manusia.

Sebelum memberikan sampo kamu bisa mengosok dan memijat badan kelinci terlebih dahulu dengan jari tangan secara merata. Setelah itu, beri shampo khusu hewan pada badan kelinci.

Jangan lupa membersihkan bagian yang sulit dijangkau seperti telapak kaki dan bagian anus. Dan bersihkan pula sela-sela kuku kelinci menggunakan sikat yang lembut. Pastikan untuk menghindari area kepala dan telinga kelinci, kecuali jika memang dibutuhkan.

4. Menyikat Bulu Kelinci

Cara memandikan kelinci
Sumber: berita.baca.co.id

Agar kelinci menjadi lebih bersih, ketika dimandikan kamu bisa menyikat bulunya secara hati-hati.

Dengan menyikat bulu kelinci kotoran-kotoran yang menempel pada bulu bisa bersih. Apalagi lebih banyak kotoran pada ras kelinci berbulu panjang. ارقام الحظ لبرج الجوزاء Selain itu,  juga berguna untuk mencegah bulu yang kusut dan menggumpal, karena itu dapat membuat iritasi pada kulit kelinci.

Menyikat bulu kelinci bukan hanya dilakukan ketika mandi saja kok, kamu juga boleh melakukan setiap hari loh. Karena dengan menyikat bulu kelinci secara teratur juga bisa mencegah kerontokan bulu kelinci.

5. Bilas Tubuh Kelinci

Bilas tubuh kelinci
Gambar membilas tubuhh kelinci, sumber: blogspot.com

Bilas tubuh kelinci menggunakan air hangat perlahan-lahan sampai benar-benar bersih. Hal ini untuk menghilangkan busa shampo dan kotoran yang masih menempel. Setelah selesai dibilas langsung pindahkan kelinci ke tempat yang kering agar tidak kedinginan.

6. Mengeringkan Bulu Kelinci Menggunakan Handuk

Cara memandikan kelinci
Sumber: beautynesia.id

Gunakan handuk kering untuk mengeringkan badan kelinci yang baru selesai dibilas. Karena sudah pasti air yang meresap pada bulu kelinci sangatlah banyak.

7.  Mengeringkan dengan Hair Dryer

Mengeringkan dengan Hair Dryer
Gambar mengeringkan dengan hair dryer, sumber: petanisukses.com

walaupun sudah dikeringkan menggunakan handuk, namun itu masih belum cukup. Bulu kelinci belum kering maksimal ya karena saking banyaknya air yang menyerap pada bulu kelinci.

Jadi perlu menggunakan hair dryer atau pengering rambut agar bulu kelinci bisa benar-benar kering. Saat menggunakan hair dryer pastikan suhunya tidak panas, pakai pengaturan suhu terendah.

Hindari area wajah saat menggunakan hair dryer dan jangan mengeringkan secara berlebihan, karena itu bisa membuat kelinci menjadi stres. Pastikan bulu kelinci sudah benar-benar kering supaya tidak tumbuh jamur.

8. Bersihkan Telinga Kelinci Menggunakan Cotton Bud

Bersihkan Telinga Kelinci Menggunakan Cotton Bud
Gambar bersihkan telinga kelinci menggunakan cotton bud, sumber: depositphotos.com

Setelah dimandikan dan bulu tubuh kelinci sudah mulai kering, bersihkan telinga bagian luar kelinci secara perlahan menggunakan cotton bud dan berikan sedikit baby oil pada cotton bud untuk mempermudah saat mengambil kotorannya.

Saat melakukan hal ini, usahakan untuk tidak memasukkan cottonbud ke dalam saluran telinga kelinci terlalu dalam. Dan lakukan juga dengan hati-hati agar kotoran kelinci tidak terdorong semakin masuk ke dalam.

Pastikan membersihkan kotoran pada telinga sampai bersih, karena kotoran pada telinga mengandung bakteri yang bisa membuat kelinci menjadi sakit.

9. Membersihkan Mata

Kamu juga perlu memeriksa mata kelinci untuk memastikan apabila terdapat benda asing yang menempel pada mata kelinci atau jika mata kelinci mengalami kemerahan.

Untuk membersihkan mata kelinci gunakan eye cleaner khusus dan seka menggunakan kapas.

10. Memotong Kuku Kelinci

Cara memandikan kelinci
Sumber: www.wikihow.com

Selain membersihkan telinga dan mata, kamu juga perlu memotong kuku kelinci. Jangan sampai membiarkan kuku kelinci tumbuh panjang, sebab itu akan menyebabkan cedera pada jari kaki ataupun kuku. Dan itu juga menimbulkan ketidaknyamanan pada kelinci.

Namun untuk memotong kuku kelinci tidak semudah yang dipikirkan. Sebab kelinci bisa saja memberontak yang justru akan tambah membahayakan kelinci.

Nah berikut ini ada beberapa tips saat akan memotong kuku kelinci, simak selengkapnya di bawah ini:

  • Agar mudah dijangkau letakkan kelinci pada posisi yang nyaman.
  • Bisa dengan meletakkan kelinci di pangkuan dengan kaki menghadap ke kita.
  • Juga bisa meletakkan kelinci di atas meja atau dimanapun asalkan kelinci menjadi nyaman.
  • Berikan pelukan pada kelinci ke kita memotong kukunya.
  • Gunakan handuk untuk membungkus kelinci agar tetap merasa aman dan nyaman, kemudian kamu bisa mulai memotong kukunya dengan mengeluarkan satu kakinya.

11. Memberi Makan Kelinci

Memberi Makan Kelinci
Gambar memberi makan kelinci, sumber: today.line.me

Setelah semua proses tahapan memandikan kelinci sudah selesai, jangan lupa untuk memberi makanan pada kelinci. Karena tentunya kelinci akan merasa lapar setelah melalui proses pemandian yang cukup panjang.

Beri makanan yang bergizi dan sehat untuk kelinci kesayangan kamu. Pastikan juga nutrisi dan makanan kelinci selalu terpenuhi setiap harinya.

Cara Memandikan Kucing tanpa air

Selain memandikan kelinci menggunakan air, kamu juga bisa menggunakan beberapa cara memandikan kelinci tanpa menggunakan air. Diantaranya bisa menggunakan tisu basah, bedak tabur dan sisir serit. Berikut ini tahap-tahap memandikan kelinci tanpa menggunakan air.

a. Menggunakan Tisu Basah

Tisu basah yang biasanya dipakai untuk bayi merupakan salah satu alternatif pengganti air untuk memandikan si kucing. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik gunakan tisu bayi yang bebas alkohol, bebas pewangi, dan hipo-alergen.

Tahap-tahapnya sebagai berikut.

1. Persiapkan kelinci pada posisi yang tepat

carikan posisi yang paling nyaman, kamu bisa menaruhnya di pangkuan dan memegang bagian perutnya ketika akan membersihkan bagian tubuh yang kotor.

2. Bersihkan Area yang Kotor

Bersihkan sisa-sisa kotoran, tanah, atau residu dari bulu kelinci menggunakan tisu basah dengan menggosok bagian yang kotor secara lembut. Bila perlu, bersihkan juga bagian bagian bawah pantan serta kemaluan yang mungkin ada sisa irine yang masih menempel.

b. Menggunakan Bedak atau Tepung Maizena

Kamu bisa menggunakan tepung roti, atau bisa juga dengan menggunakan tepung maizena. Tabirkan pada bagian yang kotor, secara lembut agar kelinci tidak merasa terganggu dan memberontak.

Berikut ini tahap-tahap penggunaannya:

1. Taburkan Bedak atau Tepung

Kamu bisa menggunakan tepung roti, atau bisa juga dengan menggunakan tepung maizena. Tabirkan pada bagian yang kotor, secara lembut agar kelinci tidak merasa terganggu dan memberontak. Pelintir-pelintir pada bagian bulu yang menggumpal akibat lumpur. بوكر كونكر

2.Menyisir Menggunakan Serit

setelah sebagian kotoran yang menempel pada bulu sudah bersih, selanjutnya yang perlu kamulalukan adalah menyisir bulunya menggunakan sisir berbahan besi.

Perhatian

Untuk memandikan kelinci sebulan berapa kali sih? karena kelinci tidak boleh dimandikan terlalu sering, jadi sebulum maksimal 2 kali saja. Perlu diketahui bahwa resiko memandikan kelinci terlalu sering justru akan membahayakan kelinci.

Apabila memandikan kelinci secara rutin baik menggunakan shampo maupun tidak, itu bisa menghilangkan minyak alami yang ada pada bulu kelinci. Fungsi dari minyak tersebut adalah untuk menjaga kondisi bulu kelinci.

Mandi juga bisa membuat kelinci menjadi stres yang menimbulkan dampak bagi kesehatan. Seperti yang sudah diketahui bahwa membasahi seluruh tubuh kelinci dapat mengakibatkan trauma yang berdampak pada kematian.

Maka dari itu sangat disarankan berhati hati ketika memandikan kelinci. Memandikan kelinci ketiak dibutuhkan saja, misal saat kelinci kamu benar-benar kotor akibat lumpur atau yang lainnya. Jika tidak kamu bisa mengatasinya saja.

Penutup

Nah itu tadi beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memandikan kelinci. Semoga ini dapat membatu kamu yang sedang mencari informasi cara memandikan kelinci.

Ingat berhati-hatilah ketika memandikan kelinci, agar kelinci tetap amam dan mencegah terjadinya hal yang tidak diingikan.

Terimakasih telah berkunjung di website kami, sampai jumpa. Salam Faunanesia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.